oleh

Bertamu ke Rutan Jambe Pemeriksaan Tujuh Lapis

Pos Pemeriksaan tamu di Rutan Jambe.(foto:agm)

Kabar6-Menghadapi membludaknya pengunjung pada perayaan Idul Fitri 1438 Hijriah, Rumah Tahanan Klas 1 Tangerang di Desa Taban, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang memberlakukan sistem keamanan tujuh lapis.

Hal ini dilakukan guna mengantisipasi upaya penyelundupan barang terlarang dari luar ke dalam rutan serta sebaliknya.

Kepala Rutan Klas klas 1 Tangerang, Masjuno menjelaskan, pola pengamanan spesial selektif yang dilakukan pihaknya ini mengharuskan pengunjung WBP diperiksa melalui 7 tahap pemeriksaan.

“Kita persilahkan pengunjung membawa makan cepat saji dan makanan khas lebaran,” Masjuno, Minggu (25/6/2017).

Pada Pos pertama, lanjut Masjuno, pengunjung akan menerima nomor antrian dan pemeriksaan identitas. Pada pos kedua pengunjung akan dilakukanpenggeledahan barang dan badan baik wanita maupun pria.

Pada pos ketiga, pengunjung akan diperiksa kembali identitasnya untuk memastikan keabsahan identitas sekaligus melakukan registrasi. Kemudian di pos keempat pengunjung lagi-lagi diperiksa barang bawaannya sekaligus memasang alat pengaman bagi pengunjung.

“Di pos keempat pengunjung diberikan dua stempel penanda ultraviolet dan basah serta pemasangan kabel ties yang akan berubah-ubah pola pemasangan selama perayaan idul Fitri ini,” ungkap Masjuno.

Usai berkunjung, keluarga WBP akan menjalani rangkaian pemeriksaan serupa sebelum meninggalkan area rutan.

“Pengunjung akan diperiksa kembali secara keseluruhan baik pria maupun, hal ini kami lakukan untuk memastikan keamanan dan ketertiban, kami siap menampung segala keluhan pengunjung dengan terbuka,” tutup Masjuno.(agm)

 

Berita Terbaru