oleh

Bersihkan Usus Besar dengan Konsumsi 5 Makanan Sehat

Kabar6-Usus besar atau kolon dalam anatomi adalah bagian usus antara usus buntu dan rektum. Fungsi utama organ ini adalah menyerap air dari feses. Karena itulah, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan usus besar.

Apabila usus besar bersih dan tidak bermasalah, maka pencernaan juga akan lancar serta terhindar dari kanker usus besar yang sangat berbahaya. Bagaimana cara menjaga kesehatan usus besar? Melansir beberapa sumber, ini lima makanan sehat yang bisa dikonsumsi untuk membersihkan usus besar:

1. Yoghurt
Kandungan yang ada pada yoghurt membantu membersihkan usus besar dari bakteri-bakteri dan sisa-sisa makanan yang mengendap.

2. Alpukat
Alpukat mengandung omega 3 yang berfungsi sebagai pelumas pada dinding usus. Semua partikel makanan limbah dan racun terjebak ke dalamnya dan juga mengeluarkan racun dari tubuh.

3. Lemon
Konsumsi lemon secara teratur mampu membantu membersihkan usus besar. Campurkan lemon dengan alpukat atau teh bila Anda tidak tahan dengan rasa asamnya. Lemon juga dapat meningkatkan pencernaan sehingga Anda terbebas dari risiko sembelit.

4. Bayam hijau
Bayam mengandung banyak vitamin dan zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Bayam hijau kaya serat sehingga baik untuk melancarkan pencernaan dan membersihkan usus besar. Konsumsi bayam hijau secara rutin juga memiliki manfaat positif lainnya yaitu memenuhi kebutuhan zat besi.

5. Teh hijau
Teh hijau identik dengan minuman teh khas Jepang. Diminum tanpa gula dan rasanya sedikit pahit namun tidak getir. Teh hijau membantu penurunan berat badan dan juga meningkatkan pencernaan.

Pencernaan yang lancar akan mengikis kotoran-kotoran yang ada di usus besar sehingga usus besar bersih dan bebas dari bakteri. ** Baca juga: Cara Sederhana Hindari Keracunan Makanan

Jaga kesehatan usus sejak dini agar tubuh selalu bugar dan daya imun tetap terjaga.(ilj/bbs)

Berita Terbaru