oleh

Bersendawa Miliki Manfaat yang Menakjubkan

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Usai makan atau mengonsumsi minuman bersoda, biasanya Anda akan bersendawa atau mengeluarkan suara dari mulut. Meskipun bagi sebagian orang bersendawa termasuk menjijikan, para ahli justru mengatakan bahwa bersendawa setelah makan penting karena membantu mempercepat pencernaan dan mengurangi risiko perut kembung. Selain itu, apa saja manfaat lain bersendawa? Dikutip dari Warta Kesehatan, berikut uraiannya:

1. Kurangi rasa tidak nyaman dalam perut
Salah satu alasan kenapa Anda harus bersendawa setelah makan adalah karena membantu untuk meringankan ketidaknyamanan di tubuh, khususnya lambung. Dengan bersendawa, Anda bisa mengeluarkan karbondioksida dari dalam tubuh Anda untuk menghindari masalah perut kembung dan nyeri dada.

2. Cegah penumpukan gas
Sehabis mengonsumsi makanan yang mengandung gas seperti lobak, kacang-kacangan dan brokoli, Anda harus bersendawa untuk mengeluarkan kelebihan gas dari perut. Hal itu dapat mencegah akumulasi gas di perut, yang pada akhirnya bisa membantu Anda untuk tetap energik.

3. Redakan tekanan
Ketika perut terasa kembung, Anda tentu akan merasa tidak nyaman. Karena itulah Anda disarankan bersendawa untuk meringankan tekanan yang terakumulasi dalam tubuh, sehingga perut terasa lebih nyaman dan enteng.

4. Bantu pencernaan
Bersendawa juga membantu pencernaan dengan mencegah penumpukan gas di perut. Oleh karena itu, untuk mempercepat proses pencernaan, pastikan Anda bersendawa setelah makan. ** Baca juga: Ternyata 5 Faktor Ini Bisa Jadi Penyebab Rasa Mual Saat Gosok Gigi

Namun tentu saja saat bersendawa pastikan tutup mulut Anda dan jangan dilakukan di depan orang yang sedang makan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru