Berpikir Sebelum Makan Bantu Turunkan Nafsu Makan?

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Tidak semua orang bisa mengerem nafsu akan mereka. Akibatnya, berat badan pun susah untuk dikendalikan. Adakah solusi sederhana untuk mengendalikan nafsu makan?

Sebuah penelitian, melansir Womenshealthmag, menemukan bahwa berpikir sebelum makan (mindfull eating) dapat membuat Anda makan lebih sedikit secara keseluruhan. Para peneliti mengamati sekira 110 orang mahasiswa dan membaginya menjadi dua kelompok. Para peneliti melakukan intervensi pada kelompok pertama, di mana mereka diminta untuk berpikir sebelum makan. Sedangkan pada kelompok kedua, para peneliti tidak melakukan intervensi apa pun.

Para peneliti lantas memberikan sedikit biskuit pada salah satu kelompok, dan memberikan banyak biskuit pada kelompok yang lainnya, serta meminta para peserta penelitian untuk mengukur seberapa laparkah mereka. Hasilnya, kelompok yang diminta berpikir sebelum makan rata-rata mengonsumsi lebih sedikit kalori (66 kalori lebih sedikit) saat lapar dibandingkan dengan kelompok lainnya.

Dugaan para peneliti, hal ini dikarenakan proses yang harus mereka lalui (mindfull eating) membantu mereka menjadi lebih mampu mengendalikan rasa lapar dan rasa kenyang. ** Baca juga: Alami Gangguan Pencernaan, Hindari 10 Jenis Makanan Ini

Temuan kedua, para peserta penelitian mengonsumsi 83 kalori lebih banyak saat mereka diberikan porsi yang lebih besar, baik para peserta pada kelompok pertama maupun kelompok kedua. Hal ini berarti bahwa porsi makan juga turut berpengaruh pada berapa banyak kalori yang dikonsumsi seseorang.(ilj/bbs)