oleh

Beroperasi April 2020, Pandeglang Ubah Nama RSUD Menjadi….

Kabar6- Masyarakat Pandeglang sebentar lagi memiliki rumah sakit baru yang terletak di Jalan Raya Labuan Km 12 Kampung Benteng, Desa Menes, Kecamatan Menes.

Rumah sakit kedua yang dimiliki Pemkab Pandeglang itu rencananya bakal diresmikan pada 1 April mendatang atau tetap di Hari Ulang Tahun (HUT) Pandeglang 2020.

Dalam perjalanan rumah sakit yang menelan anggaran Rp 27,5 miliar yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang dibangun 2017 lalu harus mengalami perubahan nama dari awal pembangunan.

Pasalnya awalnya rumah sakit itu diberikan nama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pratama Menes, jelang beroperasi Pemkab Pandeglang mengubahnya menjadi RSUD Aulia Menes.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Dewi Setiani menjelaskan alasan perubahan nama dari Pratama ke Aulia, karena didasari oleh tingkatan layanan.

Menurutnya jika menggunakan pratama tentu sama dengan Puskesmas , sedangkan RSUD ini akan dijadikan rujukan dari Puskesmas sehingga harus ada perubahan dan SK pergantian telah terbit pada bulan September 2019 lalu.

“SK nya sudah ada terhitung tanggal 26 September 2019,” kata Dewi yang dikutip dari siaran pers Humas Pemkab Pandeglang dalam rapat persiapan, Selasa (7/1/2020).

Alasan lain, perubahan nama dari Pratama ke Aulia merujuk pada lokasi RSUD yang berada di Kecamatan Menes. Menurutnya, Kecamatan yang memiliki 12 desa ini telah banyak melahirkan para ulama besar.

“Dan nama Aulia filosofinya karena di menes ini banyak melahirkan para kiyai, ulama dan para ustad, maka dari itu namanya Aulia,”jelasnya.

Sebelumnya beroperasi, Dinkes saat telah rampung menyiapkan Alat Kesehatan (Alkes), sisinya tenaga medis yang baru mencapai 50 persen. “Tadi kata pihak BKD saat ini yang sudah SK nya sebanyak 35 orang, nanti tinggal 35 sisanya dalam waktu dekat ini akan terpenuhi,”ujar Dewi.

**Baca juga: Pulihkan Trauma Anak Korban Banjir Bandang Lebak, MA Care Dirikan Sekolah Darurat.

Bupati Pandeglang Irna Narulita pun meminta kepada tim percepatan RSUD Aulia agar harus sudah ada pelayanan sebelum diresmikan pada 1 April mendatang. Sebab, katanya, ekspektasi warga sangat tinggi dengan keberadaan RS tersebut.

“Untuk itu kami dorong agar bulan april tahun ini segera diresmikan karena ekpektasi masyarakat cukup tinggi,” ujarnya. (Aep)

Berita Terbaru