oleh

Bernilai Fantastis, 5 Kapal Selam Termahal di Dunia

Kabar6-Kapal selam adalah kapal yang bergerak di bawah permukaan air, umumnya digunakan untuk tujuan dan kepentingan militer. Sebagian besar Angkatan Laut memiliki dan mengoperasikan kapal selam, sekalipun jumlah dan populasinya masing-masing negara berbeda.

Selain digunakan untuk kepentingan militer, kapal selam juga digunakan untuk ilmu pengetahuan laut serta air tawar, dan untuk bertugas di kedalaman yang tidak sesuai untuk penyelam manusia.

Seiring perkembangannya, kapal selam yang ada saat ini memiliki teknologi yang luar biasa. Karena itulah, harga jual satu unitnya pun tidak main-main. Melansir Sindonews, berikut lima harga kapal selam termahal di dunia yang memiliki nilai fantastis:

1. Kelas Astute
Kapal selam perang ini dilengkapi dengan enam tabung torpedo 533 mm, dan pertama kali berlayar bersama Royal Navy pada 2010. Kelas ini digunakan untuk meluncurkan torpedo Spearfish, rudal anti-kapal Sub-Harpoon, dan rudal jelajah Tomahawk.

Daya hancur dari rudal jelajah Tomahawk Block IV sangat berbahaya, karena mampu memberikan serangan dalam jangkauan 1.700 km di laut maupun darat. Harga satu unitnya sekira Rp36,5 triliun.

2. Kelas Ohio
Meski awal diciptakannya sebagai kendaraan pembawa rudal balistik, antara 2002 dan 2008 Angkatan Laut Amerika Serikat mengubah empat kapal selam tertua kelas Ohio menjadi kapal induk rudal jelajah atau SSGN.

Setiap Kelas Ohio yang terlah diubah ini mampu membawa 154 rudal jelajah Tomahawk. Jumlah rudal jelajah seperti itu biasanya digunakan untuk pertempuran di permukaan.

Kapal selam ini memiliki empat tabung torpedo 533 mm untuk torpedo Mk.48. Sedangkan harga satu unitnya dibanderol sekira Rp43,7 triliun.

3. Kelas Virginia
Kapal selam milik AS ini memiliki tenaga nuklir dan dilengkapi dengan 12 tabung Vertical Launch System (VLS). Kelas Virginia merupakan penerus dari Los Angeles. Kapal selam ini mampu meluncurkan rudal jelajah pada serangan darat dengan jangkauan 1.700 km.

Ada juga empat abung torpedo 533 mm, yang bisa menembakkan 26 torpedo kelas berat Mk.48 dan rudal anti-kapal Sub-Harpoon. Harga per unitnya dibanderol sekira Rp49,3 triliun.

4. Kelas Seawolf
Kapal selam kelas Seawolf tergolong kapal selam paling tenang di dunia yang pernah dirakit, meski dalam kecepatan tinggi. Kapal selam ini memang sangat canggih yang bisa memburu dan menghancurkan lawannya, berkat delapan tabung torpedo 660 mm untuk meluncurkan torpedo Mk.48 dan rudal anti-kapal Sub-Harpoon.

Tabung torpedo juga digunakan untuk meluncurkan rudal jelajah perang darat Tomahawk dengan jangkauan 1.700 km. Sedangkan harga satu unitnya dijual sekira Rp50,7 triliun. ** Baca juga: Wuih, Sebuah Perusahaan di California Berencana Produksi Massal Baju Baja ‘Iron Man’

5. Kelas Vanguard
Meski AS memiliki beberapa kapal selam, kelas Vanguard (Vanguard-class submarine) milik Inggris ini menjadi yang termahal. Kapal selam Kelas Vanguard pertama yaitu HMS Vanguard, ditugaskan pada 1993, diikuti oleh HMS Victorious pada 1995, HMS Vigilant pada 1996, dan HMS Vengeance pada 1999.

Satu unit Kelas Vanguard dihargai sekira Rp75,6 triliun.

Luar biasa.(ilj/bbs)

Berita Terbaru