oleh

Berkah Ramadan di TPU Cimanggis

Kabar6-Dua hari menjelang datangnya bulan suci ramadhan, aktivitas warga muslim di Tangerang disemarakkan oleh ziarah makam.

Pantauan kabar6.com, salah satu Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang ramai dikunjungi warga adalah di Jalan Raya RE Martadinata, Kelurahan Cimanggis, Kecamatan Ciputat, Kota  Tangerang Selatan (Tangsel).

Aktivitas ziarah itupun mendatangkan berkah tersendiri bagi warga sekitar, khususnya bagi para pembersih makam dan pedagang bunga dadakan.

“Alhamdulillah. Banyak yang ziarah, jadi banyak rezeki sekarang,” ujar Merlin, bocah pembersih makam dadakan di TPU Cimanggis, Minggu (14/6/2015).

Bersama teman seusianya,  Merlin mengaku rutin melakukan pekerjaan dadakan itu setiap menjelang bulan ramadhan.

“Pokoknya, dari dua minggu sebelum ramadhan, sudah ramai yang datang ziarah. Saya dan temen-temen bantuin pejiarah untuk bersihin makam. Mulai dari cabut rumput, nyapu sampai bersihin nisan,” ujarnya polos.

Dalam sehari, Merlin mengaku bisa mendulang hingga ratusan ribu rupiah. “Ya hasilnya gak tentu juga. Tapi minimal Rp100 ribu dapet,” ujarnya.

Merlin mengaku, uang yang didapatkannya sebagian diserahkan kepada ibunya. Sedangkan sebagian digunakan untuk jajan.

“Sebagian uang saya kasih ibu, buat beli baju lebaran,” ujarnya lagi.

Sementara, Dahlia (52), pedagang kembang ziarah dadakan di TPU tersebut mengaku, bila setiap tahun jumlah pengunjung yang datang berziarah ke TPU tersebut semakin menyusut.

“Pengunjungnya sedikit berkurang dibanding tahun lalu. Tapi, kita harus tetap bersabar dan bersyukur walau penghasilan sedikit berkurang,” ujarnya.

Menurutnya, dalam sehari dia bisa menjual 50 bungkus kembang tabur dengan harga Rp 5.000 perbungkus. Padahal, taun lalu dia masih bisa menjual hingga 75 bungkus kembang tiap harinya. **Baca juga: Ramadan, Kuliner di Tangsel Wajib Pasang Gorden.

“Bunga jiarah yang kami jual antara lain kembang tihong, pandan, bunga melati, bunga mawar, bunga kenanga, bunga cempaka dan ada juga yang menggunakan air mawar. Harganya cuma lima ribu perbungkus,” ujar Dahlia.(cep)

Berita Terbaru