oleh

Berjalan Tanpa Alas Kaki Itu Menyehatkan

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Saat jam istirahat kantor atau ketika di rumah, Anda sering berjalan tanpa alas kaki atau ‘nyeker’. Berjalan tanpa alas kaki diketahui memiliki sejumlah manfaat. Secara ilmiah, praktik ini sudah terbukti. Sebenarnya apa saja hal menguntungkan verjalan tanpa alas kaki? Dilansir Times of India, berikut sembilan keuntungan yang didapat:

1. Perbaiki masalah tidur
Berjalan tanpa alas kaki akan memberikan rileksasi dan mengurangi ketegangan. Saat kita berjalan tanpa alas kaki, tubuh kita akan melepaskan ion positif dan membuat ion negatif masuk ke dalam tubuh. Ion negatif diketahui sebagai anti depresan alami dan dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

2. Tajamkan pikiran
Tubuh kita 70 persen terdiri dari air dan semakin banyak kita berjalan tanpa alas kaki, semakin baik fungsi tubuh kita. Berjalan tanpa alas kaki akan menciptakan keseimbangan ion yang secara langsung memengaruhi perasaan sehat, menajamkan pikiran dan membuat kestabilan mental.

3. Perbaiki postur tubuh
Penggunaan sepatu dapat melemahkan permukaan kaki dan mengurangi fleksibilitas serta kekuatannya. Sepatu juga dapat mempengaruhi postur tubuh kita karena sepatu menghalangi fungsi alamiah dari kaki.

Kaki yang lemah artinya postur tubuh yang buruk dan postur tubuh yang buruk mengakibatkan ketidaknormalan bentuk tubuh lainnya. Misalnya, sakit leher, nyeri punggung dan lutut. Dengan berjalan tanpa alas kaki, kita bisa memperkuat kaki, mata kaki, dan jari kaki.

4. Perkuat panca indera
Pengalaman alamiah akan membuat indera kita lebih kuat. Hal ini sering tidak disadari karena kita sering menggunakan alas kaki. Beberapa titik tertentu di kaki kita ketika menyentuh tanah, bisa menstimulasi indera.

Selain itu, saat berjalan tanpa alas kaki, kita menjadi lebih waspada dan sadar untuk memperhatikan jalan kita. Hal ini membuat pikiran kita tersadar dan meningkatkan panca indera kita.

5. Tingkatkan sirkulasi darah
Hal ini sejalan dengan prinsip gravitasi yang menarik segala sesuatu, dan darah kita mulai bersirkulasi cukup baik di telapak kaki. Proses berjalan kaki bekerja sebagai efek penangkal, yang meningkatkan seluruh sirkulasi darah di dalam tubuh.

6. Cegah penyakit jantung
Semakin baik sirkulasi darah, semakin kecil kemungkinan darah akan tersumbat dan timbul penyakit pembuluh darah koroner. Berjalan tanpa alas kaki meningkatkan sel darah merah dan mencegah darah mengental.

7. Kuatkan otot & tulang
Berjalan tanpa alas kaki meningkatkan kembalinya vena, yaitu aliran darah kembali ke jantung, dan membuat tulang serta otot menjadi lebih kuat. Berjalan tanpa alas kaki di bawah sinar matahari juga dapat meningkatkan kalsium tulang. Namun pastikan Anda berjalan di pagi hari atau di sore hari saat sinar matahari tidak berbahaya.

8. Kuatkan sistem imun
Telapak kaki kita merupakan tempat berbagai reseptor indera dan ujung saraf yang mengirimkan getaran positif ke tubuh. Hal ini akan menyiapkan tubuh untuk melawan penyakit dan karenanya dapat meningkatkan imunitas kita.

9. Tingkatkan pandangan
Seringkali dokter mata akan merekomendasikan pasiennya untuk berjalan tanpa alas kaki di rumput, di pagi hari. Jalan kaki ini akan mengaktivasikan berbagai titik tekanan di kaki, yang dapat meningkatkan pandangan mata. ** Baca juga: Ada 6 Alasan Anda Sebaiknya Kurangi Konsumsi Gula

Jadi biasakan berjalan tanpa alas kaki terutama saat di rumah, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru