oleh

Berhenti Sentuh Wajah untuk Cegah Penularan COVID-19 dengan 4 Langkah Mudah

Kabar6-Tidak hanya mencuci tangan lebih sering untuk mencegah penyebaran COVID-19, para ahli pun menyarankan Anda agar berhenti menyentuh wajah.

Penyebaran COVID-19 dan bakteri lain yang menyebabkan penyakit seperti flu, sering dimungkinkan karena kerap menyentuh tombol-tombol pintu, meja, keyboard komputer, tombol lift, ponsel, tiang kereta api, atau pintu bus.

Menyentuh wajah Anda, melansir Huffpost, terutama di sekitar selaput lendir Anda, membuat virus dan bakteri lebih mudah masuk ke tubuh, menginfeksi, dan mengubah Anda menjadi ‘inang’ untuk penyebaran penyakit lebih lanjut.

Lantas, bagaimana agar Anda berhenti menyentuh wajah? Ada 4 langkah mudah yang disarankan para ahli agar Anda setop menyentuh wajah:

1. Memantau berapa kali Anda menyentuh wajah
Kebanyakan orang tak sadar menyentuh wajah mereka. Untuk sesuatu seperti menggigit kuku atau menyentuh wajah, itu bisa menjadi hal impulsif yang dilakukan karena bosan, gelisah atau kebutuhan sensorik.

Cobalah untuk menjadi sangat sadar akan kebiasaan Anda tersebut. Kalau bisa, buatlah catatan setiap Anda menyentuh wajah.

Menurut psikolog dan pendiri Cognitive Behavioral Therapy Institute of Southern California bernama Paul DePompo, Anda mungkin menemukan kebiasaan ini saat melakukan hal lain, misalnya saat menyetir, membaca buku, atau saat melamun.

2. Coba untuk menyentuh hal lain
Denise Cummins, seorang ilmuwan kognitif, mengatakan bahwa cara terbaik untuk menghentikan kebiasaan adalah menggantinya dengan sesuatu yang tidak sesuai.

“Jika Anda biasanya menyandarkan wajah di tangan Anda, cobalah untuk mengembangkan kebiasaan memegang sesuatu di tangan Anda, seperti ‘bola kekhawatiran’ atau letakkan tangan Anda di atas lengan Anda.”

3. Membuat pengingat
Jika Anda sudah mencatat berapa kali menyentuh wajah, coba juga untuk memasang pengingat di mana-mana untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Anda bisa memasang post-it di komputer, memasang reminder di ponsel, atau meminta bantuan teman untuk memarahi saat Anda menyentuh wajah.

4. Membuatnya tidak nyaman
Untuk menghentikan kebiasaan, ada baiknya Anda membuatnya tidak nyaman. Misalnya, memakai cat kuku jika Anda punya kebiasaan menggigit kuku atau memakai kacamata di kantor.

Dengan memakai kacamata Anda tidak langsung menyentuh mata. Selain itu, agak tidak nyaman untuk menyandarkan tangan ke wajah saat memakai kacamata. ** Baca juga: Cuci Tangan Sangat Efektif Cegah COVID-19, Ini Alasannya

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru