oleh

Berenang Efektif Bakar Lemak Tubuh

Kabar6-Selain rekreasi, berenang menjadi olahraga yang banyak dipilih orang karena bisa menggerakkan seluruh bagian tubuh. Sama seperti aerobik, ketika berenang kita akan menggunakan baik lemak maupun karbohidrat untuk diubah menjadi energi.

Menurut ahli gizi olahraga dan pelatih triathlon bernama Cindy Dallow, melansir Popsugar, selain berenang, pola makan juga merupakan faktor krusial yang dibutuhkan ketika ingin menurunkan berat badan, untuk memaksimalkan pembakaran lemak. Disebutkan, intensitas dan frekuensi olahraga juga membantu untuk mencapai target berat badan lebih cepat.

Semakin lambat kecepatan renang, dikatakan Dallow, akan semakin tinggi persentase kalori yang dibakar dari lemak. Namun ketika berenang dengan kecepatan tinggi, kita menggunakan lebih banyak kalori total dari tubuh.

“Jadi, secara teknis berenang lebih cepat akan membantu menurunkan berat badan lebih besar daripada berenang lambat,” jelas Dallow.

Dallow merekomendasikan untuk menyertakan latihan renang dengan interval intensitas tinggi untuk membakar lebih banyak lemak. Sebuah studi menemukan, wanita yang berenang selama 60 menit dalam tiga kali seminggu bisa menurunkan lemk tubuh secara signifikan dalam 12 minggu.

Meskipun demikian, Dallow tetap menekankan efeknya bisa bervariasi pada setiap individu. “Wanita yang berenang sedikitnya empat hari seminggu dengan durasi 45 menit (dua hari di antaranya interval tinggi) bisa membakar lebih banyak lemak tubuh daripada mereka yang jarang berenang atau berenang dengan kecepatan konstan di setiap sesi,” urainya. ** Baca juga: Benarkah Pasangan Materialistis Miliki ‘Pernikahan Buruk’?

Usahakan rutin berenang dengan dibarengi pola makan sehat.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru