oleh

Beredar Video Sedang Kampanye, Camat Cikedal Dipanggil Panwascam

Kabar6-Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Cikedal, Kabupaten Pandeglang memanggil Camat Cikedal Surya Darmawan, Senin (11/2/2019). Surya datang sekitar pukul 14.00 WIB di Sekretariat Panwascam di Kampung Kaduhapa, Desa Babakan Lor.

Pemanggilan tersebut terkait beredarnya potongan video dalam kegiatan pembinaan Perangkat Desa dan Kelembagaan se Kecamatan Cikedal beberapa waktu lalu yang berisi ajakan untuk mendukung anak Bupati Pandeglang Irna Narulita yang nyaleg dari Nasdem.

Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwascam Cikedal Eman Sirojudin mengatakan, pemanggilan Surya terkait beredarnya video di media sosial untuk suksesi salah seorang pesta pemilu pada kegiatan tersebut.

“Camat berdalih kegiatan tersebut (tidak ada kegiatan politik) semata-mata hanya kegiatan pembinaan perangkat desa se-Kecamatan Cikedal. Terkait hal-hal lain dalam kegiatan tersebut memang, ditemukanya dan beredarnya video suksesi peserta pemilu di wilayah Kecamatan Cikedal,” ungkapnya.

“Terkait beredarnya video tersebut, kami menanyakan mengklarifikasi kepada Camat, siapa yang memvideo dan siapa orator dalam video tersebut. Jadi camat belum mengetahui siapa pembuat video dan orator dalam video tersebut,” lanjutnya.

Terkait dugaan tidak netralnya kegiatan tersebut, pihaknya bakal melakukan pemanggilan sejumlah pihak untuk mengetahui siapa pembuat dan orator dalam video tersebut. Pasalnya, sepanjang pengawasan pihaknya tidak menemukan adanya kegiatan yang mengarahkan pada suksesi peserta pemilu.

“Kami sedang mengumpulkan bukti-bukti siapa pembuat video dan orator dalam video, sampai saat ini kami belum bisa menyimpulkan,”tandanya.

Sebelumnya, Dalam video itu salah seorang mengatakan kegiatan selain melakukan pembinaan, tetapi juga mengajak untuk membuat komitmen dalam mensukseskan salah satu Caleg yang tak lain anak dari Bupati Pandeglang Irna Narulita.

“Baik sekali lagi kita bikin komitmen dan kesepakatan, tujuan kegiatan adalah pembinaan sekaligus suksesi anak ibu Bupati dari Partai Nasdem nomor urut 5, bapak Ibu siap,” tanya pejabat itu lalu diamini oleh peserta.

Sementara, Camat Cikedal Kabupaten Pandeglang Surya Darmawan mengaku tidak mengetahui orator dalam video yang mengajak untuk mensuskeskan anak Bupati Pandeglang yang Nyaleg di Partai Nasdem. Menurut Surya, hal itu terjadi sebelum kegiatan itu dimulai dan di luar sepengetahuanya.

“Yang menyatakanya itu saya tidak tahu siapa. Kemudian itu di sampaikanya sebelum acara dimulai, kalau diliat dari video itu masih kosong juga bangku-bangkunya, gak tahu dia punya inisiatif apa orang tersebut, sampai saat ini saya gak tahu,” kata Surya usai dipanggil Panwascam Cikedal.**Baca Juga: Polrestro Tangerang Amankan 5 Ribu Butir Ekstasi.

Surya juga membantah keras, hal tersebut atas perintah dirinya. Adanya video tersebut, kata Surya sangat merugikan dirinya sehingga harus berurusan dengan pengawas pemilu.

“Beredarnya video ini, saya bilang ini sabotase, dan tidak kontra produktif (dengan kegiatan pembinaan perangkat desa) dengan tujuan sangat bagus, kemudian ko di seperti itu-kan,” terangnya.(aep)

Berita Terbaru