oleh

Bercanda Soal Bom, Penumpang Bikin Batik Air Panik

Kabar6-Hati-hati bila bercanda. Terlebih saat di dalam pesawat yang hendak berangkat di Bandara Soakrno Hatta (Soetta) Tangerang.

Karena bisa-bisa, candaan Anda akan memicu kepanikan, hingga menganggu kepentingan orang banyak.

Seperti yang dilakukan Yus (57), salah seorang penumpang pesawat Batik Air dengan nomor tujuan ID 6870 rute Jakarta-Palembang, Rabu (29/4/2015).

Gara-gara menjawab asal saat ditanya pramugari, Yus justru membuat jadwal penerbangan Batik Air ditunda, karena harus menjalani pengecekan ulang.

Informasi yang dihimpun, insiden terjadi sekira pukul 06.25 WIB pagi. Kala itu, pesawat tengah boarding.

Yus terlihat pramugari tengah keberatan meletakan bagasi ransel di Cabin pesawat. Dan, saat ditanya pramugari Yus menjawab seenaknya, bila tasnya berisi bom.

Jawaban sang pramugari kontan membuat sang pramugari melapor ke Pilot, yang kemudian laporan dilanjutkan ke Avsec.

Selanjutnya sesuai Standarisasi Operasional (SOP) penerbangan, semua penumpang pun diminta untuk turun ke gate C 5. **Baca juga: Waspada, Ada Tiang Listrik Ditengah Jalan Maruga Raya Tangsel.

Sedangkan, yang bersangkutan langsung diamankan ke ruang Avsec Lion di Gate A5. Tas ransel miliknya pun kembali menjalani Xray ulang.

Kapolres Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Kombes Pol CH Pattopoi membenarkan soal insiden tersebut. Hasul pemeriksaan, kata dia, ransel itu ternyata hanya berisi pakaian, laptop, alat mandi, charger HP.

“Dan hasil Interogasi, dari Penyidik Sat Reskrim Polres, PPNS Otban, yang bersangkutan menyatakan hanya bercanda atau spontan menjawab pertanyaan pramugari,” ungkapnya.

Kapolres menambahkan, yang bersangkutan juga mengaku khilaf dan meminta maaf atas tindakannya. Kendati demikian, yang bersangkutan terpaksa harus dilarang terbang, lantaran sampai saat ini masih ditangani PPNS Otban

“Sedangkan, untuk penumpang yang lain, pada pukul 09.00 Boarding menuju Palembang. Situasi kondusif. Himbauan kepada masyarakat penumpang pesawat, pada saat naik pesawat, agar patuhi SOP penerbangan dan patuhi apa yang disampaikan crew pesawat,” pungkasnya.(ges)

Berita Terbaru