oleh

Berat Badan Tak Kunjung Turun, Kenali Penyebabnya

Kabar6-Menerapkan pola hidup sehat kini sudah menjadi gaya hidup masyarakat. Salah satunya adalah mengkonsumsi makanan sehat dan berolah raga secara teratur.

 

Selain untuk mendapatkan hidup yang lebih berkualitas, terkadang sebagian orang menerapkan pola hidup sehat untuk tujuan menurunkan berat badan. Ya, karena obesitas merupakan salah satu momok yang menakutkan, terutama untuk kaum hawa.

 

Nah, apa yang sebenarnya terjadi jika Anda telah menerapkan pola hidup sehat dan berolah raga teratur, namun berat badan tak kunjung turun? Uraian berikut mungkin dapat mewakili pertanyaan Anda.

 

1. Gemuk bisa jadi berasal dari faktor keturunan. Sebuah penelitian gizi di Amerika Serikat menunjukkan bahwa anak-anak dari orangtua normal mempunyai 10 persen peluang untuk menjadi gemuk.

 

Peluang itu akan meningkat menjadi 40 persen hingga 50 persen, jika salah satu orangtuanya menderita obesitas, dan akan meningkat lagi menjadi 70 persen hingga 80 persen bila kedua orangtuanya menderita obesitas.

 

2. Metabolisme terhadap aktivitas enzim seperti adipose tissue lipoprotein lipase memiliki peranan penting dalam mempercepat penambahan berat badan. Melalui fungsinya dalam mengontrol kecepatan trigliserida dalam darah yang dipecah menjadi asam lemak, dan disalurkan ke sel-sel tubuh untuk disimpan.

 

3. Perempuan yang mengalami masa menopause sering mengalami kegemukan karena penurunan hormon tiroid. Hormon ini berperan dalam penggunaan energi dalam tubuh. ** Baca juga: Hindari Ini Saat Sarapan

 

4. Kecepatan metabolisme basal tidak sama antara satu dengan yang lainnya. Ada orang yang memiliki metabolisme basal tinggi, namun ada pula yang rendah. Orang yang memiliki kecepatan metabolisme basal rendah cenderung lebih mudah gemuk. Sebaliknya, seseorang yang memiliki metabolisme basal tinggi, tidak mudah menjadi gemuk.

 

Pada orang dengan metabolisme basal rendah, energi yang dikonsumsi lebih lambat dipecah menjadi glukosa sehingga lebih banyak disimpan di dalam tubuh dalam bentuk glikogen.

 

5. Ada beberapa obat yang dapat merangsang pusat lapar, sehingga meningkatkan nafsu makan. Obat-obatan seperti ini jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama, dapat menimbulkan obesitas.

 

Dengan mengenal kelima poin di atas, Anda dapat meminimalisir sekaligus mengantisipasi penyebab berat badan tak kunjung turun.(ilj)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru