oleh

Berapa Sih Takaran Gizi yang Cukup untuk Usia Dewasa?

Kabar6-Salah satu kunci utama hidup sehat dan seimbang adalah menjaga asupan makanan bergizi, dan makan sesuai porsi alias tidak berlebihan. Jika dilakukan secara rutin, tubuh akan senantiasa fit sekaligus sehat.

Sebenarnya, berapa banyak sih takaran gizi yang pas untuk usia dewasa? Untuk mengatur porsi makan yang ideal, melansir Glitzmedia, Anda bisa menggunakan kepalan tangan. Penggunaan kepalan tangan sebagai takaran membuat Anda lebih mudah seberapa besar kebutuhan tanpa berlebihan dan tidak kekurangan. Berikut uraiannya:

1. Minyak goreng
Konsumsi minyak goreng dan garam dalam sehari tidak boleh lebih banyak dari ibu jari Anda.

2. Nasi
Konsumsi nasi maksimal satu kepalan tangan orang dewasa sebagai sumber karbohidrat. Hilangkan kebiasan untuk mengisi penuh piring dengan nasi dan menumpukkan lauk pauk di atasnya. Cara ini tentu membuat Anda tidak dapat mengontrol kebutuhan makanan.

3. Buah-buahan
Konsumsi buah-buahan minimal satu kepalan tangan orang dewasa untuk mencukupi kebutuhan vitamin, mineral dan serat. Tubuh sebenarnya tidak membutuhkan 1000mg vitamin C sehari.

Wanita hanya memerlukan 75mg, sedangkan pria membutuhkan 90mg vitamin C dalam sehari. Faktanya, tubuh hanya bisa mengolah vitamin C 120 hingga 200mg saja per hari, sementara sisanya akan dibuang tubuh secara sia-sia.

Jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan air mineral Anda untuk mencegah tubuh dehidrasi. Agar lebih tepat, konsumsi air mineral orang dewasa membutuhkan sekira 2,1 hingga 2,6 liter air per hari.

4. Lauk pauk
Konsumsi lauk maksimal satu telapak tangan orang dewasa (tidak termasuk jari) sebagai sumber protein. Berhati-hatilah dalam membubuhkan garam pada makanan. Kadar natrium atau garam untuk orang dewasa hanya dibatasi sebanyak 1500mg atau ¾ sendok teh per hari

5. Sayuran
Konsumsi sayuran untuk kesehatan pencernaan sebanyak 38 gram atau minimal dua telapak tangan orang dewasa (termasuk jari) sebagai sumber serat, vitamin dan mineral setiap hari.

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru