oleh

Berapa Sebenarnya Jumlah Penurunan Berat Badan yang Ideal Selama Berpuasa?

Kabar6-Banyak orang yang menjadikan momen puasa Ramadan ini sebagai cara untuk menurunkan berat badan hingga mencapai angka ideal. Di sisi lain, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan, salah satunya adalah jumlah penurunan berat badan.

Hal ini karena Anda tidak boleh sembarangan menurunkan berat badan selama puasa. Lantas, berapa penurunan berat badan yang disarankan selama puasa? Idealnya, melansir Sindonews, seseorang yang menjalankan puasa bisa mengalami penurunan berat badan antara satu hingga tiga kilogram selama satu bulan, dan jangan lebih dari angka yang dianjurkan.

Sementara mereka yang mengalami obesitas, disarankan berat badan tidak turun lebih dari empat atau lima kilogram. Angka ideal ini dinilai bisa membuat Anda tetap segar, bugar, serta daya tahan tubuh terjaga selama menjalankan puasa Ramadan.

Pada dasarnya, penurunan berat badan saat menjalankan puasa tidak boleh terlalu cepat dan dalam jumlah yang banyak. Pasalnya, berat badan yang turun dengan cepat menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan elektrolit lantaran bukan lemak yang hilang melainkan air.

Disebutkan, berat badan yang turun terlalu cepat juga bisa mengambil energi dari protein. Padahal, protein sendiri penting untuk menjaga kualitas otot, yang mana otot harus selalu terjaga seperti otot jantung.

Hal inilah yang harus diperhatikan oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan. Jangan sampai cadangan proteinnya juga akan terbuang. ** Baca juga: Ketahui 6 Sayuran yang Mengandung Banyak Protein

Apabila ingin melakukan program yang lebih tepat, adalah dengan terlebih dahulu memeriksa body komposisi. Jadi kalau mau aman turunkan berat badan sendiri, dalam puasa ini cukup dua kilogram, maksimal tiga kilogram.(ilj/bbs)

Berita Terbaru