Berapa Lama Sebaiknya Durasi Olahraga?

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Berapa lama durasi Anda setiap berolahraga? Sebuah penelitian mengungkapkan, dengan meluangkan waktu total kurang lebih dua jam berolahraga jenis apa pun secara rutin setiap minggu, kita bisa mendapatkan manfaat yang setara dengan olahraga secara teratur setiap hari dalam waktu yang lebih lama.

“Hasil penelitian kami mengindikasikan, tidak peduli latihan apa yang dipilih asal bisa mengakumulasi total seminggu latihan. Minimal diperlukan waktu 150 menit atau 2 jam setengah,” urai Dr. Ian Janssen dari Queen University, Toronto.

Lembaga International pun menyarankan bahwa untuk orang dewasa setiap berolahraga selama 30 menit dengan durasi insensitas olahraga moderat sehingga mencapai pengeluaran energi lebih dari 1.000 kalori per minggu. Dikutip dari beberapa sumber, Anda tidak harus berolahraga dalam satu waktu yang lama. Namun, untuk mendapatkan jumlah kalori yang sama, olahraga dapat pula dilakukan dengan frekuensi beberapa kali dalam sehari dengan jangka waktu yang lebih pendek.

Intinya, dalam seminggu tubuh harus diolahragakan dengan total waktu kurang lebih 150 menit atau dua jam setengah/minggu. Atau jika Anda ingin olahraga setiap hari, luangkan waktu untuk olahraga 21 menit/hari.

Hal yang sebaiknya Anda ketahui, penghentian olahraga dalam waktu tiga minggu, dapat mengurangi manfaat dari olahraga rutin yang telah dilakukan sebelumnya. Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh penurunan volume dan daya pompa jantung sebagai akibat dari hilangnya efek pengisian jantung yang lebih besar saat berolahraga. Sedikitnya darah yang masuk menyebabkan darah yang dipompa oleh jantung berkurang. ** Baca juga: Ini Alasan Wanita Mudah Marah Saat Haid

Jadi sebaiknya olahraga secara rutin.(ilj/bbs)