oleh

Berapa Lama Olahraga Jalan Kaki Bisa Pangkas Lemak Tubuh?

Kabar6-Untuk membantu menurunkan berat badan, cara sederhana sekaligus efektif yang biasa dilakukan adalah olahraga jalan kaki. Nah, jika ingin mendapatkan hasil maksimal, Anda harus memadukan aktivitas jalan kaki dengan pola makan bersih dan sehat.

Hal ini juga berlaku apabila Anda ingin mengurangi lemak pada bagian perut. “Makan dengan benar akan membantu kita menurunkan lemak perut, sementara olahraga bisa membantu kita menjaga bentuk tersebut,” jelas Steven McDaniels, personal trainer tersertifikasi NASM sekaligus direktur fitnes dan rekreasi di Beacon College.

Steven merekomendasikan jalan kaki satu jam setiap harinya atau membaginya menjadi dua kali sesi jalan kaki dengan durasi 30 menit. Pilihlah sesuai dengan jadwal harian Anda.

Seberapa cepat hasilnya bisa kita lihat tergantung pada sejumlah faktor, seperti berat badan dan intensitas olahraga. Melansir Kompas, berikut jumlah kalori yang terbakar dari seorang wanita dengan berat 145 pon (65 kg), berdasarkan level kebugarannya:

1. Pemula: jalan kaki 2-2,5 mil per jam dengan kecepatan rendah (masih bisa berbincang) selama 60 menit sehari, bisa membakar sekira 200 kalori.

2. Menengah: jalan kaki 3,5 mil per jam dengan kecepatan lebih cepat selama 60 menit per hari, bisa membakar sekira 250-300 kalori.

3. Tingkat lanjutan: jalan kaki 4,5 mil per jam dengan langkah cepat selama 60 menit per hari, bisa membakar sekira 350 kalori.

Dijelaskan Steven, karena satu pon lemak sama dengan 3.500 kalori, maka setidaknya seseorang butuh dua minggu untuk mencapai kategori lanjutan tersebut dan bisa membakar lemak yang cukup untuk menurunkan berat badan.

Sementara untuk kategori lainnya, menurunkan berat badan sedikit lebih lama. Dan tentu saja, kita harus membantunya dengan melakukan defisit kalori atau membatasi porsi makan. ** Baca juga: Guys, Begini Cara Jaga Stamina Selama Puasa

Untuk memaksimalkan olahraga jalan kaki tersebut, Steven merekomendasikan menambah latihan kekuatan ke rutinitas. “Ini akan meningkatkan peluruhan lemak secara keseluruhan, yang mana akan berdampak pada lemak perut,” tambahnya.

Jadi, Anda bisa fokus pada beberapa olahraga perut untuk membantu mengencangkan otot inti sekaligus menurunkan lemak tubuh.(ilj/bbs)

Berita Terbaru