oleh

Berapa Lama Manusia Dapat Bertahan Hidup Tanpa Makan?

Kabar6-Pernahkan Anda merasa penasaran, sebenarnya berapa lama sih manusia dapat bertahan hidup tanpa makan? Jawabannya ternyata berbeda-beda, mungkin satu minggu, satu bulan, atau hanya beberapa hari saja.

Daya tahan itu tergantung dari berat badan, kondisi fisik, hingga faktor genetik. Namun, melansir Dreamers, ternyata manusia hanya dapat bertahan hidup selama tiga minggu saja tanpa mengonsumsi apa pun. Disebutkan, saat manusia tidak mengonsumsi makanan selama enam jam, maka kita akan merasa lemas, bahkan pusing. Hal ini membuat tubuh membakar lemak untuk dijadikan energi.

Setelah itu, jika manusia tidak mengonsumsi makanan selama tiga hari, maka tenaga mulai menghilang, dan tubuh akan mengambil energi dari jaringan-jaringan yang ada di dalam tubuh, sehingga Anda akan semakin kurus.

Jika tubuh tidak menerima makanan lagi, maka kondisinya akan terus melemah, dan organ-organ dalam tubuh dapat rusak, sehingga menyebabkan kematian karena tubuh sudah tidak memiliki cadangan makanan lagi. ** Baca juga: Adakah Waktu yang Tepat untuk Menyatakan Cinta?

Karena itulah, Anda disarankan untuk mulai membiasakan diri makan teratur dan memilih menu yang mencukupi kebutuhan gizi. Jika Anda memang sedang menjalani diet, pilihlah diet yang sehat agar tubuh tetap fit.(ilj/bbs)

Berita Terbaru