Berapa Lama Istirahat yang Dianjurkan Saat Alami Flu?

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Saat tubuh terserang flu, segala aktivitas harian tentu saja sangat terganggu. Virus flu mengalami masa inkubasi yang menyebabkan Anda mengalami masa-masa ‘berat’ sehingga butuh istirahat total.

Susan Besser, MD, seorang pakar influenza dari Mercy Medical Center di Baltimore, Maryland, mengatakan bahwa setiap orang berpotensi 50-50 tertular flu. “Setiap orang yang terpapar virus, sebetulnya memiliki kesempatan 50-50 untuk tertular.

Jika Anda sudah divaksin atau dalam kondisi imun Anda baik, maka kemungkinan Anda tertular lebih kecil,” jelasnya. Dilansir Rider Digest, influenza adalah infeksi yang sering terjadi akibat paparan virus di udara yang tak sengaja terhirup misalnya lewat bersin, batuk atau hanya sekadar mengobrol dengan orang yang terinfeksi.

“Jika Anda terlanjur tertular, si virus akan membutuhkan waktu kurang lebih 14 hari (2 minggu),” tambah Besser. Namun secara keseluruhan, Besser menyebut bahwa ada beberapa hari yang ‘krusial’ sehingga membuat Anda harus total istirahat di rumah.

“Itu akan berkaitan dengan sakit kepala, nyeri pada tubuh dan gejala pada pencernaan Anda termasuk Nausea, Vomiting dan diare. Meski demikian, secara keseluruhan Anda membutuhkan waktu dua minggu hingga gejala mengganggu tersebut benar-benar sembuh.”

Megha Tewari, MD, praktisi kesehatan dari Memorial Hermann The Woodlands Medical Center menyebutkan beberapa poin tentang bagaimana influenza memengaruhi Anda. Berikut uraiannya:

1. Kondisi perut, 1-3 hari
2. Sakit kepala, 1-3 hari
3. Demam, 3-7 hari
4. Pegal linu, 3-5 hari
5. Kelelahan, 1-2 minggu
6. Batuk, 1-2 minggu

“Beberapa pasien mungkin bisa lebih cepat mengalami pemulihan,” ujar Tewari. Beberapa orang yang cenderung mengalami pemulihan lebih lama biasanya menderita penyakit lain seperti Emphysema atau penyakit kronis lainnya.

“Para ahli sepakat bahwa sebaiknya Anda kembali beraktivitas setelah Anda benar-benar sembuh. Berdiam diri di rumah tak hanya sekadar melakukan pemulihan, tapi juga menjaga agar yang lain tidak tertular.” ** Baca juga: Apa Sebenarnya Manfaat Vitamin & Mineral Bagi Tubuh?

Artinya agar benar-benar pulih dari flu, Anda harus beristirahat total.(ilj/bbs)