oleh

Berapa Lama Ikan Boleh Disimpan dalam Kulkas?

Kabar6-Agar bahan makanan atau sisa makanan lebih tahan lama, banyak orang menyimpannya dalam kulkas. Selain sayuran, ikan segar yang baru dibeli pun sering disimpan dalam kulkas sebelum diolah.

Nah, berapa lama sih sebenarnya ikan boleh disimpan agar tetap dalam kondisi baik saat dikonsumsi, dan bagaimana cara terbaik untuk menyimpannya?

Lama waktu ikan boleh disimpan dalam kulkas bervariasi, tergantung dari jenis ikannya. Secara umum, melansir readersdigest, dua hari adalah waktu yang aman untuk menyimpan ikan segar dalam kulkas. Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat merekomendasikan menyimpan ikan segar, udang, kerang, dan cumi-cumi hanya satu atau dua hari di kulkas.

Namun menurut MarthaStewart.com, berbagai jenis ikan dan seberapa segar seperti bass, flounder, tuna, swordfish, trout, dan salmon dapat bertahan antara 3-5 hari dalam kulkas. Sedangkan ikan berminyak seperti mackerel, bluefish, dan sarden, memiliki waktu simpan yang sedikit lebih pendek, yaitu paling lama tiga hari.

Lantas, bagaimana cara menyimpan ikan dalam kulkas? Disarankan agar jangan hanya menaruhnya begitu saja dalam kulkas, tetapi ada langkah lain yang harus Anda lakukan. ** Baca juga: Tubuh Lebih Baik dalam Mengolah Makanan di Pagi Hari

Pertama, keluarkan ikan dari plastik atau kertas pembungkusnya. Kemudian tutup ikan dengan kantong plastik baru, gunakan vacuum sealer untuk mengeluarkan udara di dalamnya, tempatkan ikan yang sudah dibungkus itu di mangkuk air es, baru letakkan dalam kulkas.

Apabila hal itu dilakukan dan tidak melewati batas waktu penyimpan terbaiknya, dijamin ikan Anda akan tetap segar saat dimasak dan dikonsumsi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru