oleh

Berapa Batas Aman Konsumsi Kopi dalam Sehari atau Seminggu?

Kabar6-Kopi menjadi minuman favorit semua kalangan, dan paling sering dipilih saat sedang kongkow atau kumpul bersama teman-teman. Kopi juga seperti ‘minuman wajib’ bagi para pekerja malam yang lembur.

Berdasarkan data International Coffee Organization, Indonesia menjadi negara terbesar keempat setelah Kolombia di posisi ketiga, Vietnam di posisi kedua, dan Brasil yang berada di puncak teratas dalam penjualan kopi.

Lantas, adakah batas aman minum kopi? Mengambil data dari Dietary Guidelines for Americans 2015-2020 edisi kedelapan, melansir Sindonews, sumber kafein untuk orang dewasa sebagian besar berasal dari kopi dan teh, yang menyediakan sekira 70-90 persen dari total asupan kafein di semua kelompok usia dewasa.

Secara proposisi, lebih dari 95 persen orang dewasa mengonsumsi kafein dari makanan dan minuman. Asupan rata-rata kafein di kalangan orang dewasa, berdasarkan kelompok jenis kelamin, berkisar antara 110 mg (wanita usia 19-30 tahun) hingga 260 mg (pria usia 51-70 tahun) per hari.

Jumlah ini secara substansial kurang dari 400 mg per hari. Angka tersebut masuk dalam kategori jumlah konsumsi kopi yang aman dan dapat dikategorikan ke dalam pola makan sehat.

Sedangkan asupan rata-rata untuk anak-anak adalah 5-32 mg per hari, dan remaja 63-80 mg per hari. Sumber kafein untuk anak-anak dan remaja didistribusikan di antara kopi, teh, dan minuman manis. Makanan penutup dan permen juga merupakan sumber kafein bagi mereka, karena kandungan makanan tersebut berisi cokelat. Tetapi asupan kafein rendah dari semua sumber.

Kondisi khusus, untuk wanita hamil atau ibu yang sedang menyusui standar ukurannya berbeda. Sebaiknya, konsultasikan dahulu dengan dokter bila ingin mengonsumsi kopi. ** Baca juga: Mudah Lelah Bisa Jadi Disebabkan Karena Gaya Hidup

Jadi, atur porsi kopi Anda tiap hari agar tidak berlebihan sesuai dengan kondisi masing-masing. Namun jangan lupa juga untuk menjaga asupan nutrisi dan makanan bergizi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.(ilj/bbs)

Berita Terbaru