oleh

Berapa Banyak Buah yang Sebaiknya Dikonsumsi Tiap Hari untuk Jaga Imun Tubuh?

Kabar6-Konsumsi buah sangat dianjurkan karena mengandung sejumlah nutrisi yang diperlukan tubuh. Sebuah penelitian mengungkapkan, konsumsi buah tiga sampai empat persen sehari bisa membantu menjaga kesehatan tubuh.

Seorang pemilik Jim White Fitness dan Nutrition bernama Jim White, RD. ACSM, melansir Insider, merekomendasikan untuk menyeimbangi asupan buah dan sayur dalam sehari. Hal ini berhubungan dengan kandungan kalori dan gula yang terdapat dalam buah-buahan, sehingga konsumsinya perlu dibatasi.

“Saya menyarankan untuk membatasi empat sampai lima porsi sehari. Konsumsi juga jenis makanan lain untuk mendapatkan nutrisi,” jelas White.

Senada, American Heart Association juga merekomendasi konsumsi empat porsi buah setiap hari. Sebagai catatan, buah bukanlah sumber zat besi atau seng yang baik. Asupan buah yang berlebihan juga dapat menyebabkan gangguan perut pada orang, seperti mulas, diare, refluks, dan kembung.

Selain itu, gula darah tinggi juga menjadi efek samping lain dari konsumsi buah, dan dapat berpotensi berbahaya bagi penderita diabetes. Buah juga bisa membuat kenaikan berat badan karena tingginya kalori dalam buah dibandingkan dengan makanan lain. ** Baca juga: Apa Perbedaan ODP, PDP, dan Suspect COVID-19?

Untuk itu, idealnya buah dikonsumsi bersama dengan makanan lain dalam pola makan yang sehat. Misalnya, mengonsumsinya bersama dengan sayuran.

Hal lain, mengonsumsi banyak buah tidak akan memberikan efek yang lebih, karena karena kandungannya akan setara dengan dua porsi buah sehari.(ilj/bbs)

Berita Terbaru