oleh

Berangsur Pulih, Penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta Meningkat Tajam

Kabar6-Lalu lintas penerbangan berangsur pulih di bandara-bandara PT Angkasa Pura II (Persero) termasuk pintu gerbang utama Indonesia, Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Director of Operation & Service PT Angkasa Pura II (Persero) Muhamad Wasid mengatakan meningkatnya lalu lintas penerbangan dan meningkatnya utilisasi slot time juga diikuti peningkatan utilisasi kapasitas penumpang di Terminal 2 Soekarno-Hatta.

“Di tengah COVID-19 ini Soekarno-Hatta beroperasi dengan Terminal 2 dan Terminal 3. Pada bulan ini, lalu lintas penerbangan mulai berangsur pulih dan Terminal 2 melayani hingga 70 persen total penumpang di Soekarno-Hatta, sementara 30 persen dilayani melalui Terminal 3,” ujarnya Rabu 22/7/2020.

Pada bulan ini, Wasid mengatakan, rata-rata jumlah penerbangan di Soekarno-Hatta berkisar 400-430 penerbangan/hari atau meningkat cukup signifikan dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya sekitar 200 penerbangan/hari. Jumlah traffic ini memang masih jauh dari angka di periode normal sebelum pandemi COVID-19, namun dalam beberapa waktu terakhir tren lalu lintas penerbangan semakin menguat.

Adapun utilisasi slot time juga semakin meningkat di mana pada 1 – 20 Juli 2020 sudah mencapai sekitar 34 persen dari sebelumnya hanya sekitar 10 persen.

**Baca juga: Dinilai Cacat Hukum, Proses Seleksi Bakal Calon Dirut Perumdam TKR Digugat.

“Melihat kondisi ini, kami akan melakukan penyeimbangan agar Terminal 2 dan Terminal 3 masing-masing terminal bisa melayani 50 persen dari total penumpang di Soekarno-Hatta,” ujar Muhamad Wasid.

Lebih lanjut, Muhammad Wasid menuturkan penyeimbangan utilisasi kapasitas terminal itu dilakukan dengan memindahkan penerbangan Citilink dari Terminal 2D ke Terminal 3, dan sebagian penerbangan di Terminal 2E ke 2D mulai 23 Juli 2020. GFM

Berita Terbaru