oleh

Benjolan yang Bisa Berpindah pada Wajah Itu Ternyata Cacing

Kabar6-Seorang wanita berusia 32 tahun yang tidak disebutkan namanya mengalami benjol-benjol pada wajahnya. Semula, wanita itu tidak begitu mempedulikan kondisi wajahnya. Namun semakin lama, benjolan tadi terlihat aneh karena bisa berpindah-pindah, hingga ia pun memeriksakan diri ke dokter.

Dokter yang memeriksa, melansir livescience, akhirnya mendiagnosis wanita tersebut terkena infeksi cacing parasit bernama dirofilaria repens. Belum jelas bagaimana bisa cacing parasit ini bisa sampai masuk ke wajahnya. Namun besar kemungkinan hal ini disebabkan oleh gigitan nyamuk. “Pasien sempat bepergian ke kawasan pedesaan yang ada di luar Moskow, ibukota Rusia. Saat itu, ia juga mengaku kerap digigit nyamuk. Hasilnya adalah, pemeriksaan fisik menunjukkan bahwa ada benjolan yang sangat panjang dan bergerak di bagian kiri kelopak matanya,” demikian tulis dokter dalam jurnal yang diterbitkan Juni 2018 lalu.

Diketahui, cacing dirofilaria repens termasuk dalam cacing dengan ukuran yang sangat kecil dan halus. Cacing ini bisa masuk ke dalam tubuh korban melalui gigitan nyamuk. Hanya saja, biasanya kasus infeksi cacing parasit ini dialami oleh hewan mamalia seperti anjing atau kucing sehingga kasus infeksi cacing parasit pada manusia seperti yang dialami sang wanita sangat jarang terjadi.

Beruntung, cacing ini tidak bisa melakukan reproduksi di bawah kulit manusia. Meskipun begitu, orang yang terinfeksi cacing ini akan mengalami sensasi yang sangat mengerikan, khususnya jika cacing ini menggeliat di bawah kulit. ** Baca juga: Alamak, Balita 2 Tahun Terjebak di Septic Tank

Dokter langsung mengoperasi bagian kulit yang berisi cacing ini untuk mengeluarkannya. Dalam waktu singkat, kondisi sang wanita pun kembali pulih.(ilj/bbs)

Berita Terbaru