oleh

Benarkah Susu Bikin Gemuk?

Kabar6-Tidak sedikit orang yang menganggap susu dapat menambah berat badan, dan hanya cocok untuk anak-anak yang memang sedang tumbuh. Benarkah demikian?

Asumsi bahwa susu dapat membuat kenaikan berat badan disebabkan oleh adanya kandungan nutrisi tinggi dan bervariasi di dalamnya. Misalnya, kita bisa mendapatkan kalori, protein, lemak, vitamin, dan berbagai mineral dalam susu. Logikanya, ini seperti menambah porsi makanan yang biasa kita konsumsi setiap hari.

Faktanya, melansir Viva, ada banyak penelitian yang benar-benar membuktikan bahwa minum susu secara teratur sebenarnya dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Hasil penelitian Danit Shahar yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nurition, mengungkapkan bahwa asupan kalsium dan vitamin D yang biasanya tinggi susu memang dapat membantu Anda menurunkan berat badan secara efektif.

Dalam penelitian ini disebutkan, partisipan yang mengonsumsi susu secara teratur setiap hari mengalami penurunan berat badan sebesar 5,4 kg dalam waktu enam bulan. Penurunan ini lebih dari mereka yang tidak rutin mengkonsumsinya yang hanya mengalami penurunan 3,1 kg dalam dua tahun.

Susu sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setelah sarapan. Selain itu, kita juga bisa minum susu setelah berolahraga untuk mengembalikan energi dan membantu pemulihan tubuh.

Konsumsi susu dapat dilakukan sekira 250 ml setiap hari. Susu yang dikonsumsi bisa berupa susu dengan kandungan lemak atau susu krim yang memiliki kandungan kalori lebih rendah. ** Baca juga: Terapkan Sejumlah Pola Makan Sehat Agar Terhindar dari Obesitas

Sementara untuk susu cokelat, pakar kesehatan menyebutkan, juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan karena memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Susu ini dianjurkan untuk dikonsumsi setelah berolahraga karena jauh lebih cepat membantu proses pemulihan tubuh.

Jadi, jangan takut minum susu, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru