Benarkah Stroberi Jadi Buah Paling Kotor?

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Warnanya yang segar dengan kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan, membuat stroberi menjadi salah satu buah yang paling disukai. Namun sebuah penelitian mengungkapkan sesuatu yang mengejutkan perihal stroberi.

Dalam penelitian terbaru di Amerika Serikat oleh Kelompok Kerja Lingkungan (EWG), dilansir kxxv.com, menemukan bahwa stroberi ternyata adalah buah paling kotor di dunia. Dijelaskan para peneliti, sebanyak 70 persen buah dan sayur yang ditanam secara konvensional mengandung racun kimia hingga 230 jenis. Dari data ini kemudian ditemukan bahwa stroberi menjadi buah paling banyak mengandung residu pestisida tertinggi.

Pada permukaan kulit dan daging stroberi terbukti positif mengandung 20 jenis residu pestisida. Daftar buah dan sayur dengan residu tinggi antara lain adalah stroberi, bayam, nektarin, apel, anggur, persik, ceri, pir, tomat, seledri, kentang dan paprika.

Sedangkan untuk buah dan sayur yang mengandung residu pestisida paling rendah antara lain alpukat, jagung manis, nanas, kol, bawang bombay, pepaya, asparagus, mangga, terung, kiwi, kembang kol dan brokoli. ** Baca juga: Ini Jenis Pakaian yang Membahayakan Kesehatan

Disarankan para ahli agar sebelum mengonsumsi buah dan sayur, ada baiknya jika Anda selalu mencuci bersih buah dan sayur. Penting juga menambahkan cairan antiseptik dalam air untuk mencuci keduanya.(ilj/bbs)