oleh

Benarkah Sayur Beku Lebih Bergizi Ketimbang Sayur Segar?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Biasanya sebagian besar orang lebih memilih sayuran dan buah yang segar ketika berbelanja, karena ada anggapan bahwa tidak memilih sayuran dan buah yang dibekukan tidak baik bagi kesehatan.

Benarkah anggapan tersebut? Ternyata kandungan gizi dalam sayur dan buah yang dibekukan, dikutip dari Okezone, tidak berkurang sama sekali. Sebuah teknik baru dalam pembekuan sayur dan buah seperti blanching vegetables tidak melibatkan bahan kimia.

Ali Bouzari, peneliti dari University of California, bersama teman-temannya membandingkan nutrisi dalam delapan sayuran dan buah yang segar dan beku. Mereka meneliti jagung, brokoli, bayam, wortel, kacang polong, kacang hijau, strawberry, dan blueberry. Hasilnya, tidak ditemukan perbedaan yang konsisten antara yang segar dan beku.

Malahan kandungan vitamin C lebih tinggi pada jagung, kacang hijau, dan blueberry yang dibekukan dibanding yang segar. Selain itu, kandungan vitamin B juga lebih banyak terkandung dalam brokoli beku dibanding yang segar.

Selain itu, serat dan kadar mineral seperti magnesium, kalsium, seng, dan besi pada sayuran dan buah beku tidak memiliki perbedaan besar dengan kandungan yang ada pada sayuran dan buah segar. ** Baca juga: Penyebab Wanita Lebih Mudah Depresi Ketimbang Pria

Mereka yang suka mengonsumsi sayur dan buah beku menganggap bahwa pembekuan menghentikan proses pembusukan. Sayuran dan buah beku, jika disimpan dengan baik di lemari es, bisa mempertahankan mineral dan vitamin yang ada di dalamnya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru