oleh

Benarkah Roti Cane Lebih Sehat Dibanding Roti Biasa?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Kebanyakan jenis roti saat ini terbuat dari berbagai jenis biji-bijian. Sementara roti cane murni terbuat dari gandum dan juga diproduksi dari dapur sehat. Dengan alasan itu, benarkah roti cane lebih sehat ketimbang roti biasa?

Roti merupakan jenis makanan yang terbuat dari adonan tepung, air dan sering diberikan bahan-bahan tambahan lainnya. Adonan tersebut kemudian di panggang, tetapi ada juga jenis roti yang di kukus, goreng atau dipanggang dengan wajan tanpa minyak.

Roti cane adalah salah satu makanan pokok penduduk di Asia. Dilansir Healthmeup, roti cane terbuat dari tepung tanpa ragi dan pada proses alami pembuatannya tidak menghilangkan serat di dalamnya, sehingga para ahli nutrisi sangat menyarankan penggunaannya. Dalam adonan roti cane tidak ada penambahan ragi, sedangkan pada roti ditambahkan ragi pada adonannya.

Pada beberapa orang, ragi dapat mendatangkan masalah pencernaan. Saat ini banyak sekali alasan yang membuat roti tidak sehat untuk konsumsi sehari-hari. Memang saat ini masih ada roti yang terbuat dari bahan gandum utuh, tetapi biasanya harganya lebih mahal, dan bahkan jauh lebih mahal dari roti cane yang dibuat secara tradisional.

Selain itu roti cane yang dibuat rumahan akan lebih fresh dan segar dibanding roti yang diproduksi secara massal. Karena itulah roti cane memang lebih sehat dibandingkan roti biasa.

Tetapi secara keseluruhan kita tidak dapat langsung memisahkan roti cane dan roti begitu saja. Hal yang paling penting adalah keseluruhan makanan yang kita konsumsi. ** Baca juga: Penelitian: Memanggang Daging dengan Api Langsung Dapat Sebabkan Kanker

Contohnya, sandwich ayam yang menggunakan roti tentu lebih bermanfaat untuk tubuh dibanding roti cane polos karena sandwich ayam tentu saja mengandung nutrisi lebih lengkap.

Jadi, variasi makanan yang sehat dan bernutrisi lebih penting daripada sibuk memikirkan mana jenis makanan yang lebih sehat. Penuhi kebutuhan nutrisi tubuh Anda dengan variasi makanan yang seimbang.(ilj/bbs)

Berita Terbaru