oleh

Benarkah Pria Uganda Ini Mampu Bunuh Nyamuk dari Jarak Enam Meter dengan Kentutnya?

Kabar6-Jika biasanya nyamuk disemprot cairan pembasmi serangga yang banyak dijual di pasaran, seorang pria asal Uganda bernama Joe Rwamirama (48) ini mengklaim dapat membunuh nyamuk dari jarak jauh dengan kentutnya.

Benarkan demikian? Sejumlah media internasional memberitakan Rwamirama yang bau kentutnya disebut-sebut begitu ‘mematikan’. Ya, nyamuk-nyamuk itu seketika mati bila mencium bau kentut Rwamirama.

Rwamirama sendiri, melansir Newshub, mengklaim bau kentutnya bisa membunuh nyamuk dari jarak enam meter. Namun ia tidak tahu pasti mengapa kentutnya bisa begitu bau. Padahal, Rwamirama merasa tak ada makanan aneh yang dimakan atau diet khusus yang dijalani. “Saya makan makanan biasa seperti orang lain tapi tidak ada serangga yang bisa mendarat di kaki saya, bahkan terbang,” uajar Rwamirama.

Namun belakangan, kabar tersebut dikatakan hanya hoaks. Menurut laporan Snopes.com, situs penelusur dan pembedah kabar bohong, berita yang telanjur menyebar luas itu awalnya berasal dari situs parodi berbahasa Afrika, Ihlayanews.

“Situs ini mencantumkan disclaimer ‘nuusparodie waarvan jy hou’, yang artinya ‘berita parodi yang Anda suka’ dalam bahasa Afrika,” demikian tulis Snopes. ** Baca juga: Ayah di India Nikahkan Anaknya dengan Patung Karena Tak Punya Uang

Artikel yang dipublikasikan dalam situs tersebut dikatakan tak lebih dari sekadar satir dan lelucon. Beberapa mungkin mengandung kebenaran, tetapi kebanyakan hanya fiksi dan ditujukan untuk mendewasakan pembaca dengan ‘dark sense of humour’.

Oaalaah…(ilj/bbs)

Berita Terbaru