Benarkah Pengendara Sepeda Lebih Bahagia Dibandingkan Pengendara Mobil?

kabar6.com
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Menurut para peneliti, mereka yang menggunakan sepeda secara umum dinilai lebih bahagia dibandingkan mereka yang menyetir mobil atau menggunakan transportasi massal.

“Kami menemukan bahwa orang yang naik sepeda memiliki mood yang paling baik saat mereka bersepeda dibanding mereka yang menggunakan moda transportasi lain” kata Eric Morris, penulis dari penelitian yang diadakan di Clemson University di South Carolina, Amerika Serikat.

Menurut para peneliti, melansir dokter.id, pengendara sepeda secara umum tampil lebih muda dan secara fisik lebih sehat, di mana kedua hal ini menggambarkan kebahagiaan dari seseorang. Para peneliti memeriksa bagaimana perbedaan emosi seseorang ketika melakukan perjalanan dengan menggunakan data yang dikumpulkan oleh the Bureau of Labor Statistics.

Para peneliti memeriksa berbagai perasaan seperti rasa senang, nyeri, stres, kelelahan dan kesedihan. Arti dari perjalanan tersebut juga ikut dicatat.

Menurut studi yang diterbitkan oleh the Journal Transportation, pengendara sepeda merupakan kelompok yang melakukan perjalanan yang paling bahagia. Berikutnya di belakang pengendara sepeda, penumpang mobil merupakan kelompok kedua yang bahagia. Sedangkan pengemudi mobil menempati posisi ketiga.

Sebaliknya, pengguna bis dan kereta merupakan kelompok orang yang melakukan perjalanan paling tidak bahagia. ** Baca juga: Depresi Bisa Disebabkan Karena Konsumsi Makanan Manis?

Kondisi emosional dari pengguna bis dan kereta sangat bergantung pada kecepatan dan lamanya perjalanan yang ditempuh.(ilj/bbs)