oleh

Benarkah Manusia Memang Ditakdirkan untuk Malas Bergerak?

Kabar6-Sebuah studi yang dimuat di jurnal Current Biology mendapati bahwa perilaku yang dianggap malas seperti contoh di atas memang sudah ‘dari sananya’. Menurut studi tersebut, manusia pada dasarnya memang memiliki sifat malas yang merupakan karakteristik yang ditinggalkan oleh nenek moyang kita dahulu.

Pada zaman dulu, melansir womantalk, makanan sulit diperoleh dan hanya bisa didapatkan dengan berburu. Kecenderungan untuk meminimalkan gerakan ini merupakan salah satu cara manusia purba untuk mempertahankan cadangan energi agar tak cepat lapar untuk mencari makanan di waktu berikutnya. Meski evolusi telah mengubah cara hidup kita, kecenderungan untuk menjaga energi ini rupanya masih bertahan hingga sekarang, namun tidak kita lakukan secara sadar.

Max Donelan, salah satu penulis studi dan juga profesor fisiologi dan kinesiologi dari Simon Fraser University, Kanada, mengatakan bahwa tubuh kita akan secara alami memilih cara terbaik untuk membatasi penggunaan kalori.

Saat berjalan, misalnya, sistem saraf akan secara otomatis memerintahkan tubuh untuk berjalan dengan kecepatan dan panjang langkah seminim yang kita bisa untuk meminimalkan keluarnya kalori, untuk mempertahankan energi itu tadi. ** Baca juga: Alasan Pola Makan Vegetarian Lebih Sehat Dibanding Pemakan Daging

Apakah Anda juga termasuk orang yang malas bergerak?(ilj/bbs)

Berita Terbaru