oleh

Benarkah Kosmetik Bisa Sebabkan Migrain?

Kabar6-Agar tampak lebih cantik dan menarik, tidak sedikit kaum wanita yang gemar memakai produk kosmetik dari berbagai merek, disesuaikan dengan kebutuhan. Namun pernahkah kosmetik yang digunakan justru membuat Anda mengalami migrain?

Seorang dokter dan pendiri Eleven Eleven Wellness Center, bernama Dr. Frank Lipman, melansir byrdie, memberikan pernyataan mengejutkan, ‘wewangian yang terdapat dalam produk riasan kecantikan seringkali menimbulkan efek negatif seperti ruam kulit, asma, dan bahkan sakit kepala’.

“Wewangian dianggap salah satu dari lima alergen yang diketahui dapat menyebabkan alergi pada satu dari setiap 50 orang yang kemungkinan menderita kerusakan sistem kekebalan tubuh”, demikian menurut Komite Ilmiah Uni Eropa Produk Kosmetik dan Produk bukan makanan.

Ternyata sakit kepala dan migrain merupakan reaksi alergi yang disebabkan oleh wewangian sintetis. “Memiliki kepekaan terhadap aroma merupakan salah satu reaksi alergi,” ungkap Dr. Lipman.

Ditambahkan, “Reaksi alergi tergantung pada bahan kimia yang digunakan untuk membuat aroma tersebut, sehingga Anda harus mencatat mengalami reaksi alergi pada aroma apa.”

Jika merasa riasan wajah dan parfum yang digunakan bisa membuat migrain, sebaiknya Anda selalu membaca daftar bahan yang terkandung pada sebuah produk dan memilih produk dengan jelas. ** Baca juga: Sebenarnya, Berapa Banyak Air yang Dibutuhkan Tubuh?

‚ÄúCarilah produk yang menggunakan minyak esensial bukan mengandung wewangian (parfum) dan memilih produk tanpa aroma tambahan,” jelas Dr. Lipman.(ilj/bbs)

Berita Terbaru