Home / Aneka Berita / Sehat / Benarkah Jadi Gemuk Setelah Menikah Tanda Anda Bahagia?
Ilustrasi/bbs

Benarkah Jadi Gemuk Setelah Menikah Tanda Anda Bahagia?

Kabar6-Ada sebagian orang yang setelah menikah terlihat lebih gemuk. Apakah menikah memang membuat kondisi tubuh jauh lebih gemuk ketimbang saat masih single? Beberapa studi menunjukkan, mereka yang memiliki pernikahan bahagia, cenderung mengalami kenaikan berat badan, baik pada suami maupun istri.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Melansir timesindonesia.co.id, dalam sebuah penelitian, ilmuwan melihat rekam jejak 169 pasangan yang baru menikah. Selama empat tahun mereka diukur masing-masing berat badannya, serta diukur kebahagiaan umum dan seberapa puas mereka dengan rumah tangga yang dijalani. Hasilnya, mereka yang memiliki rumah tangga bahagia, mengalami kenaikan berat badan dalam rentang waktu studi tersebut dijalankan. Dan mereka yang tidak mengalami kenaikan berat badan, cenderung berpisah atau bercerai.

Penelitian yang dilakukan di University of Queensland, Australia, mengungkapkan bukti lain. Mereka meneliti 15 ribu orang selama 10 tahun. Ditemukan, rata-rata mereka yang menjalin hubungan cinta cenderung mengalami kenaikan berat badan 6,5 kg dibandingkan mereka yang lajang. Dan mereka yang punya pasangan cenderung naik berat badannya dua kg per tahun.

Apa alasan orang yang memiliki rumah tangga bahagia berat badannya naik? Ilmuwan menemukan, ada perilaku umum yang cenderung dialami oleh para pasangan bahagia. Mereka yang hidup bersama, cenderung meniru gaya hidup dan rutinitas pasangannya.

Biasanya, pria memiliki porsi makan lebih banyak dari wanita, karena tubuh pria memiliki kebutuhan kalori lebih besar dari wanita. Dan setelah menikah, biasanya wanita cenderung memiliki porsi makan yang sama atau bahkan lebih banyak.

Sebelum menikah, biasanya pria memiliki pola makan yang tidak teratur atau seadanya sehingga cenderung kurus. Namun setelah menikah, akan ada seseorang yang memasak untuknya setiap hari, sehingga pria makan dengan lebih teratur dan lebih banyak dari sebelumnya.

Nah bagi wanita, penyebab gemuk setelah menikah tidak saja rumah tangga bahagia, namun juga kehamilan dan melahirkan. Selama hamil, wanita bisa bertambah berat badannya sebanyak 10 kg. Dan setelah si kecil lahir, tak jarang orangtua harus menghabiskan makanan yang ditinggalkan anak-anaknya. Alhasil, kenaikan berat badan tidak bisa dihindari. ** Baca juga: 8 Fakta Menarik Tentang Bersin

Apakah Anda termasuk orang yang seperti ini? (ilj/bbs)

Check Also

Seberapa Efektif Diet Puasa untuk Kesehatan?

Kabar6-Diet puasa (Intermitten fasting) adalah perputaran pola makan kita, di antara waktu makan dan puasa. ...