oleh

Benarkah Depresi Bikin Anda Mudah Lupa?

Kabar6-Berbeda dari anggapan kebanyakan orang, daya ingat yang buruk tidak selalu terjadi pada saat Anda memasuki masa lanjut usia. Anak-anak pun dapat mengalami mudah lupa. Jadi berapa pun usia Anda, baik muda maupun tua, dapat mengalami penurunan daya ingat.

Salah satu hal yang seringkali menyebabkan terjadinya penurunan daya ingat dan bahkan mengganggu fungsi kognitif adalah depresi. Saat orang mengalami depresi, melansir Lifespan, maka mereka akan mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi dan mengingat kembali berbagai hal karena pikiran mereka sedang dipenuhi oleh berbagai pikiran negatif sama seperti perasaan mereka.

Depresi dapat terjadi pada siapa saja dan usia berapa pun, termasuk pada anak-anak yang masih kecil yang seringkali mengalami berbagai situasi yang penuh dengan tekanan.

Beberapa hal yang dapat membuat seseorang merasa stress adalah kematian seseorang yang dicintai, kurangnya penghargaan dari anggota keluarga yang lain, dan berbagai alasan lainnya. ** Baca juga: Beberapa Hal yang Keringat ‘Katakan’ pada Anda

Berbagai emosi negatif yang dirasakan seperti marah, takut, dan cemas juga dapat membuat seseorang menjadi pelupa dan sulit berkonsentrasi. Tidak peduli seberapa keras mereka berusaha, penderita depresi akan sangat sulit untuk berkonsentrasi dan mengingat kembali berbagai hal karena mereka telah terfokus pada emosi negatif dan situasi menyakitkan yang terjadi dalam kehidupan mereka. (ilj/bbs)

Berita Terbaru