oleh

Benarkah Cokelat Memang Baik untuk Kesehatan?

Kabar6-Tidak hanya lezat, cokelat pun bisa meningkatkan mood. Cokelat mengandung sejumlah bahan kimia yang menghambat kerusakan pada anandamide neurotransmitter, atau disebut ‘molekul kebahagiaan’, yang dapat memblokir rasa sakit dan depresi.

Cokelat juga mengandung kafein dan theobromine, stimulan yang dapat memberikan ledakan energi. Selain itu, melansir duniafitness, cokelat pun mengandung polifenol alami dalam kakao yang mampu meningkatkan tingkat HDL, umumnya dikenal sebagai kolesterol baik. Kakao juga banyak mengandung flavonoid, khususnya katekin, epicatechins dan flavonols, yang dikenal menurunkan risiko diabetes, serangan jantung, stroke, kanker, meningkatkan fungsi otak, dan memperlambat efek penuaan.

Biasanya bahan-bahan di atas terdapat pada jenis cokelat hitam. Jika hanya menyukai jenis cokelat susu atau permen cokelat, maka Anda tidak akan mendapatkan keuntungan seperti yang disebut tadi, karena cokelat susu memiliki kandungan kokoa rendah, sehingga flavonoids yang ada di dalamnya juga sangat sedikit.

Cokelat hitam yang berkualitas tinggi biasanya memiliki kandungan kakao berkisar antara 35-100 persen. Cokelat dengan kandungan kakao 100 persen berarti biji kakao yang terdapat dalam cokelat tersebut tanpa campuran apapun. ** Baca juga: Fakta Seputar Jus untuk Kesehatan

Jadi pastikan memilih jenis cokelat hitam yang mengandung persentase cocoa powder paling tinggi untuk mendapatkan segala manfaat zat antioksidan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru