oleh

Benarkah Alien Pernah Mendiami Bulan?

Kabar6-Selama ini yang kita ketahui, alien sering datang ke Bumi. Namun para ilmuwan mengatakan, Bulan mungkin pernah menjadi rumah bagi para alien. Diduga, alien bisa sampai ke Bulan setelah ledakan meteorit. Saat itu terjadi, kondisi atmosfer Bulan mungkin lebih bisa dijadikan tempat tinggal dibanding kini.

Faktanya, menurut dua ilmuwan planet senior, Bulan memiliki kondisi untuk mendukung bentuk kehidupan yang sederhana sekira empat miliar tahun lalu, terjadi selama puncak aktivitas vulkanik.

Pada saat itu, melansir Independent, Bulan memuntahkan sejumlah besar gas yang sangat panas dan uap air. Gas-gas tersebut kemungkinan terbentuk menjadi cairan di permukaan dan menciptakan atmosfer yang membuat alien bertahan di sana.

“Jika cairan dan atmosfer yang signifikan ada pada saat awal Bulan terbentuk, kami rasa permukaannya bisa dihuni untuk sementara,” kata Dirk Schulze-Makuch, ahli astrobiologi di Washington State University yang menulis studi ini bersama Ian Crawford, profesor ilmu planet dari University of London.

Diperkirakan, Bulan terbungkus dalam medan magnet yang menjaga setiap bentuk kehidupan di sana tetap aman dari angin matahari yang mematikan. Bukti paling awal kehidupan di Bumi berasal dari sekira 3,5 atau 3,8 miliar tahun lalu dalam bentuk sianobakteria. Saat itu, tata surya merupakan tempat penuh kekerasan, ditandai dengan benturan meterorit yang kerap terjadi.

Menurut peneliti, ada kemungkinan beberapa kehidupan terbawa ke Bulan dari salah satu ledakan meteor tersebut. “Tampaknya Bulan sangat bisa ditinggali pada masa itu. Mungkin saja terdapat mikroba yang berkembang di kolam air di Bulan sampai permukaannya mengering,” kata Schulze-Makuch. ** Baca juga: Condon, Wanita yang Dijuluki Vampir Karena Minum Darah

Studi ini diharapkan para peneliti dapat memotivasi NASA dan agensi luar angkasa lain untuk melakukan eksplorasi ke Bulan dan mencari tahu apakah kehidupan bisa terjadi di sana.(ilj/bbs)

Berita Terbaru