Benarkah Air Kelapa Dapat Atasi Keracunan Makanan?

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Selama ini banyak orang minum air kelapa untuk menetralisir efek keracunan makanan. Namun benarkah air kelapa memang efektif menetralisir keracunan makanan?

Therese Bonnani, R.D, seorang ahli gizi, mengungkapkan bahwa air kelapa mengandung elektrolit yang cukup banyak dibandingkan jus buah dan minuman olahraga pada umumnya. Melansir Livestrong, diare yang muncul akibat efek keracunan makanan dapat menyebabkan dehidrasi parah jika tidak cepat-cepat ditangani. Minum air putih memang dapat membantu mengembalikan cairan tubuh, tapi air putih saja kadang tidak cukup untuk mengembalikan elektrolit yang hilang akibat diare.

Dilihat dari kandungan gizinya, setiap satu cangkir atau setara dengan 240 mililiter air kelapa mengandung 43,6 kalori, 10,4 gram gula, 43,6 natrium, vitamin B kompleks, vitamin C, dan sejumlah elektrolit penting bagi tubuh seperti fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium.

Air kelapa mengandung jumlah elektrolit yang lebih banyak daripada air putih sehingga dapat mempercepat pemulihan diarenya. Selain itu, berbagai kandungan zat dalam air kelapa dapat membantu proses detoksifikasi untuk membuang racun dalam saluran pencernaan makanan Anda akibat keracunan makanan.

Rasa manis alami dari air kelapa dapat membantu meningkatkan energi tubuh Anda yang lemas sekaligus menghilangkan sensasi mual dan muntah akibat diare, dehidrasi, dan berbagai efek keracunan makanan lainnya.

Untuk mendapatkan manfaat air kelapa setelah keracunan makanan, kebanyakan ahli gizi menyarankan untuk minum sekira 1-2 gelas saja. Hal yang perlu diingat, air kelapa bukanlah obat penyembuh, melainkan hanya sebagai pereda gejala saja.

Hanya minum air kelapa saja setelah keracunan makanan tanpa dilanjut dengan perawatan yang tepat malah akan membatasi Anda terhadap nutrisi lainnya yang juga penting untuk mempercepat proses pemulihan. Pasalnya, air kelapa hanya mengandung sedikit karbohidrat, sumber energi utama bagi tubuh.

Sebaliknya, jangan juga berlebihan meminumnya. Minum air kelapa terlalu banyak juga tidak baik. Minum banyak air kelapa yang kaya kalium dalam waktu singkat dapat menyebabkan penumpukan kalium dalam tubuh, sebuah kondisi yang dikenal sebagai hiperkalemia. ** Baca juga: 5 Makanan Sehat untuk Miss V

Apabila setelah minum air kelapa gejala keracunan makanan Anda masih bertahan atau makin memburuk, sebaiknya cepat konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih tepat. Orang dengan dehidrasi berat harus mencari bantuan medis segera. Hindari juga air kelapa jika Anda memiliki alergi terhadap kelapa.(ilj/bbs)