oleh

BEM Untirta Buka Suara Usai Trending Twitter Lakukan Pelanggaran

Kabar6-BEM Untirta angkat suara usai technical meeting mereka bersama mahasiswa baru yang diduga melakukan banyak pelanggaran viral di Medsos, bahkan menjadi trending topik di Twitter hari ini, Rabu, 10 Agustus 2022.

Panitia Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) mengaku mereka tidak melakukan pelanggaran seperti yang dituduhkan dan ramai diperbincangkan di media sosial. Pelanggaran yang ditudingkan itu seperti pelarangan makan, minum, hingga dijemur selama berjam-jam.

Panitia mengklaim telah menyuruh mahasiswa baru untuk sarapan dan membawa bekal, sebelum berkegiatan di kampus Untirta.

“Membawa bekal makanan dan minuman untuk makan siang pada waktu istirahat,” ujar Ketua BEM Untirta, Ryco Hermawan, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (10/08/2022).

Panitia dari BEM Untirta juga dituduh mengeluarkan kata-kata kotor dan pelecehan verbal kepada mahasiswa baru yang tidak kuat menjalani technical meeting. Mereka mengaku hal itu tidak terjadi, lantaran setiap panitia yang terlibat sudah diberi tahu untuk selalu menjunjung tinggi kualitas, etika dan nilai kemanusiaan.

Ryco Hermawan selaku Ketua BEM Untirta menerangkan kalau, panitia telah menyusun Standar Operasi Prosedur (SOP) dalam Gerakan Disiplin Kampus (GDK).

“Sebelum pelaksanaan technical meeting, BEM Untirta menyusun SOP dan melaksanakan Training of Trainer bagi mahasiswa yang akan terlibat dalam kepanitiaan, dengan harapan tidak terjadi kontak fisik dan kekerasan verbal ke mahasiswa baru,” jelasnya.

**Baca juga:Dituding Lakukan Pelanggaran, Ospek Untirta Trending Twitter

Pihaknya juga membantah membatasi mahasiswa baru yang beragama muslim untuk beribadah shalat. Mereka mengaku telah menyediakan waktu istirahat sejak pukul 11.00 wib hingga 13.00 wib, untuk makan siang dan beribadah.

Terkait mahasiswa yang dijemur dibawah matahari sejak pagi hingga siang, Ryco mengatakan bahwa kegiatan itu dalam rangka pengambilan video.

“Estimasi waktu yang direncanakan pengambilan gambar video mozaik adalah dua jam, tetapi proses pengambilan gambar tidak sesuai dengan estimasi,” terangnya.(Dhi)