oleh

Bellbird Putih Punya Suara Lebih Berisik Ketimbang Pesawat Lepas Landas

Kabar6-Seekor burung kecil jenis Bellbird putih disebut memecah rekor dunia berkat suara panggilan kawin yang sangat nyaring. Bellbird putih ini hidup di hutan hujan pegunungan terpencil Amazon, Brasil Utara.

Nyanyian kawin ini, melansir newsweek, dikatakan peneliti lebih berisik ketimbang suara pesawat yang lepas landas. Kondisi itu terbilang unik, mengingat berat badan Bellbird putih hanya seperempat kilogram atau 8,8 ons. Namun untuk menemukan burung ini, para peneliti harus masuk ke hutan pegunungan.

Mereka lantas merekam nyanyian perkawinan dari dua spesies burung contingas, yakni bellbird putih dan piha, yang sebelumnya memegang rekor sebagai burung dengan panggilan paling keras.

Sewaktu burung piha bernyanyi, suaranya mencapai 116.1 desibel (dB), sedangkan bellbird putih memiliki suara yang lebih tinggi dengan capaian hingga 124.5 dB.

Peneliti juga mempelajari perihal nyanyian yang dikeluarkan oleh kedua hewan ini. Hasilnya, burung piha hanya membawa satu jenis nyanyian, sedangkan bellbird putih membawakan dua jenis nyanyian, yang satu di antaranya lebih sering dikeluarkan.

Ilmuwan pun mengamati kedua burung itu bernyanyi dalam berbagai skenario, termasuk ketika mereka mendekati betina. Tanpa diduga, bellbird putih jantan bernyanyi sangat nyaring ketika mereka bertengger dan berdekatan dengan betina. Padahal, lazimnya hewan akan berteriak keras ketika mereka saling berjauhan.

Para peneliti dalam jurnal Current Biology menjelaskan, setelah cukup lama bernyanyi, si jantan secara dramatis akan memutar tubuhnya untuk menghadap calon pasangannya. Sedangkan si betina akan menjauh saat atau sebelum sang jantan bersuara, kendati dalam jarak yang relatif dekat, sekira empat meter.

“Lagu-lagu itu tampaknya mengagetkan para betina, yang tampaknya kebalikan dari apa yang ingin dilakukan burung jantan,” kata Jeff Podos, rekan penulis studi yang juga seorang pakar perilaku vertebrata dari University of Massachusetts.

Menurut peneliti, tidak ada spesies lain di Bumi yang memiliki suara senyaring bellbird putih, yang meneriakkan nyanyian itu di dekat penerimanya.

Para betina mungkin harus menyesuaikan kebutuhan untuk mendengar lagu-lagu dari burung jantan guna melindungi pendengarannya. ** Baca juga: Sebuah Restoran di Peru Kena Denda Gara-gara Gratiskan Makanan untuk Wanita

Meskipun demikian, Podos mengatakan bahwa masih banyak hal yang belum diketahui tentang bellbird putih ini.

“Masih banyak yang tidak kita ketahui. Seperti bagaimana burung-burung ini bernyanyi begitu keras? Berapa banyak mereka mengubah cara bernyanyi yang tergantung pada konteksnya? Bagaimana lagu burung-burung ini dibandingkan dengan burung lain?” urai Podos.

Ciptaan Yang Maha Kuasa memang selalu mengagumkan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru