oleh

Begini Tips Merawat Gigi Anak

Kabar6-Perawatan gigi susu tidak boleh diremehkan. Karena, gigi susu yang sehat membantu anak mengunyah dengan baik, sehingga memaksimalkan penyerapan nutrisi.

Gigi susu yang baik juga menentukan kualitas gigi permanen yang akan tumbuh.

Menurut drg. Lelasari, dari Klinik Gigiku di BSD City, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), perawatan gigi susu sebetulnya tidaklah sulit, dan bergantung pada usia anak.

Gigi susu yang tumbuh pada usia 6 bulan ini, awalnya bisa dibersihkan dengan cotton bud atau kain kasa yang dibasahi air matang.

“Gigi dibersihkan satu per satu dengan air bersuhu biasa. jangan lupa bersihkan lidah. sisa susu yang menempel menjadi makanan bakteri sehingga bisa menyebabkan gigi anak bolong,” kata Lela kepada kabar6.com.

Saat anak sudah menginjak usia 2-3 tahun, orang tua harus mulai mengajarkan cara menggosok gigi. Pada tahap usia ini, anak biasanya sudah bisa meludah.

Para orangtua harus menjadi role model. Untuk pertama kali, orangtua bisa memegangi tangan anak. Setelah itu orangtua bisa menggosok gigi bersama, sehingga anak bisa melihat dan selanjutnya mempraktekkan langsung.

Selain menjadi role model, orangtua bisa menyediakan sarana membersihkan gigi yang sesuai usia anak.

“Untuk anak usia 2 tahun pilih sikat gigi dengan gagang yang lebar, dan bulu sikat yang rata. Bentuk gagang menyesuaikan dengan telapak tangan anak yang masih kecil. Sikat gigi bisa diganti tiap 2 bulan,” tambah Lela.

Untuk pasta gigi, bisa dipilih yang mengandung fluoride 500 ppm, dengan aroma sesuai selera anak. **Baca juga: Tampil Lebih Muda Dengan Pola Hidup Teratur.

Kandungan fluoride akan mengembalikan mineral di gigi yang hilang, akibat asam yang berasal dari plak bakteri dan gula. Tanpa penggantian mineral (remineralization) gigi menjadi mudah goyang.(asri)

Berita Terbaru