oleh

Begini Tahapan Munculnya Keriput di Wajah pada Usia 20-an Hingga 50-an

Kabar6-Seiring bertambahnya usia, kulit menjadi lebih tipis, kering, kurang elastis, dan kemampuannya melindungi diri dari kerusakan pun berkurang. Ya, keriput dan kerutan adalah bagian alami dari proses penuaan.

Hal ini menyebabkan keriput, lipatan, dan garis-garis pada kulit. Menurut Kenneth Howe, MD, dari Wexler Dermatology New York, melansir Womantalk, ada berbagai hal yang memengaruhi munculnya keriput, yaitu faktor genetik, warna kulit, dan ketahanan kulit. Tidak banyak yang dapat Anda lakukan soal faktor genetik, tetapi Anda dapat mengontrol faktor gaya hidup yang berkontribusi terhadap timbulnya kerutan.

Faktor gaya hidup atau faktor eksternal tersebut di antaranya kebiasaan menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari, kebiasaan ekspresi wajah seperti mengangkat alis dan menyipitkan mata untuk membaca sesuatu yang jauh, posisi tidur, misalnya kebiasaan tidur miring atau tengkurap yang dapat menyebabkan garis-garis pada wajah Anda, serta kebiasaan menopang dagu yang dapat menyebabkan munculnya lipatan di wajah.

Bagaimana penjelasannya? Berikut perkembangan munculnya keriput pada wajah sejak usia 20-an hingga 50-an:

1. Pada usia 20-an
Kerutan mulai pada usia 20-an. “Ketika Anda berusia 20-an, Anda akan mulai melihat garis horizontal di dahi. Tanda-tanda ini muncul di dahi tengah hingga atas dan disebabkan oleh kebiasaan mengangkat alis,” kata Dr. Howe.

2. Pada usia 30-an
Pada usia 30-an, wajah Anda mulai tampak lebih banyak garis keriput karena paparan sinar matahari dan kebiasaan menyipitkan mata.

“Kerutan di sudut mata mulai muncul pada usia tiga puluhan. Ini dapat terjadi karena menyipitkan mata (karena tidak mengenakan kacamata hitam saat berada dalam cahaya yang kuat) sehingga mempercepat munculnya garis-garis ini,” urai Dr. Howe.

Garis kerutan yang terlihat saat wajah Anda sedang diam menunjukkan bahwa mulainya penuaan wajah. Pada usia ini Anda bisa mulai memakai produk perawatan wajah dengan kandungan anti-penuaan.

3. Pada usia 40-an
Memasuki usia 40-an, Anda akan mulai menunjukkan keriput yang lebih dalam. “Pada usia 40-an, garis-garis kerutan menjadi lebih dalam dan kondisi kulit makin rentan, jika tidak dirawat dengan baik maka kerutan ini bisa semakin banyak,” jelas Dr.Howe.

Untuk membantu memperlambat tanda-tanda penuaan, Dr. Howe merekomendasikan penggunaan skincare yang mengandung retinol untuk memerangi pembentukan kerutan dengan merangsang produksi kolagen di kulit kita.

4. Pada usia 50-an
Akhirnya memasuki usia 50-an, Anda akan mulai melihat garis-garis di sekitar mulut muncul—dari tersenyum dan berbicara. Pada dasarnya keriput ini munculnya karena Anda sudah menjalani kehidupan cukup lama. ** Baca juga: Berada di Alam Bebas Berikan Efek Positif untuk Otak dan Kesehatan Mental

Menjalani proses penuaan akan dialami oleh setiap orang.(ilj/bbs)

Berita Terbaru