oleh

Begini Reaksi Pascagusuran PKL di Pasar Serpong

Petugas gabungan ketika menertibkan lapak PKL di Pasar Serpong.(yud)

Kabar6-Penertiban oleh aparat gabungan terhadap Pedagang Kaki Lima (PKL) di Pasar Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), menuai reaksi dari pelaku usaha lainnya di lokasi sekitar. Mereka berharap kondisi rapi ini bisa terjadi seterusnya.

Yoko (41), pemilik warung kopi di depan Pasar Serpong mengapresiasi langkah tepat yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Tangsel. Sebab ia mengakui bila kondisi sebelumnya terlihat semwrawut lantaran keberadaan PKL sudah tak terkendali.

“Kalau sekarang kan warung dagangan saya jadi keliatan. Enggak ketutup lagi,”  katanya saat ditemui kabar6.com di lokasi warungnya, Kamis (17/3/2016).

Menurutnya, sebelum penertiban PKL seenaknya menggelar lapak di sepanjang trotoar hingga bahu jalan. Bahkan PKL yang menjual beragam komoditi pertanian itu dagang sama seperti dirinya, sampai 24 jam.

Yoko sebutkan, satu lapak PKL biasanya ditempati oleh dua orang pedagang. Mereka berdagang secara shift, dan setiap siang berganti orang. Barang dagangan pun tetap sama.

Sisa barang dagangan yang tak laku terjual dicatat, dan dilanjutkan oleh pedagang shift kedua. “Ya abang liat aja sekarang. Jadi lebih bersih dan rapi kan,” ujarnya sambil memasak mie instan pesanan pembeli.

Pantauan di lapangan, area trotoar kini tak lagi dipadati oleh PKL. Mereka telah digusur oleh ratusan aparat gabungan pada Selasa kemarin. Kini kondisi Pasar Serpong bagian luar jauh lebih rapi.

Penertiban PKL berimbas arus lalu lintas kendaraan bermotor menjadi lancar. Sementara lapak PKL yang menempati area lahan persis di dekat pintu kereta pun tutup. **Baca juga: Begini Budaya Prilaku Jorok PKL di Pasar Serpong.

Kabar yang beredar rencananya bakal digunakan oleh PT Kereta Api untuk dijadikan lahan parkir dan penitipan kendaraan bermotor. **Baca juga: Satpol PP Jangan Tunggu Perintah Jaga Pasar Serpong.

“Saya tugasi petugas Satpol PP. Dibagi dua shift, gentian jaganya,” kata Camat Serpong Mursinah, ditemui usai menghadiri rapat musyawarah pimpinan daerah.(yud)

Berita Terbaru