oleh

Begini Modus Operandi Pengutil Minimarket di Tangsel

Kabar6-Semua karyawan minimarket yang ada di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) diingatkan agar mencermati modus operandi yang biasa dilakukan kawanan pelaku pengutil.

Seperti halnya modus yang dilakukan oleh CR (21) dan HP (22), keduanya ditangkap di Lengkong Gudang Timur, Kecamatan Serpong, setelah puluhan kali beraksi.

“Pelaku HP awalnya datang dan berpura-pura menukarkan uang receh di kasir minimarket,” terang Kepala Unit Reserse dan Kriminal Polsek Serpong, Ajun Komisaris (Pol) Toto Daniyanto ditemui kabar6.com di ruangan kerjanya, Sabtu (8/11/2014).

Ketika kasir dibuat sibuk menghitung uang sambil diajak ngorol oleh HP, pelaku lainnya yakni CR, mulai melancarkan aksinya mengutil produk dagangan minimarket.

Kawanan penjahat itu selalu membawa tas untuk menyimpan setiap barang curian yang didapat dari hasil menguntil.

“Tapi aksi mereka ketahuan dari CCTV (kamera pengintai) oleh operator yang ada di ruangan terpisah. Pas pelaku mau keluar minimarket langsung ditangkap. Kami yang mendapat laporan menjemput kedua pelaku untuk diproses,” jelasnya.

HP, salah satu pelaku yang tertangkap mengakui telah 50 kali berhasil melakoni aksi serupa. Modus operandi yang dilakukan pun selalu sama.

“Biasanya (beraksi) di daerah Serpong, Pamulang, Ciputat, sama Pondok Aren,” terang pemuda putus sekolah itu. **Baca juga: Kawanan Spesialis Pengutil Minimarket Ditangkap.

Ia menambahkan, bila barang-barang hasil kejahatannya itu lebih banyak dikonsumsi sendiri bersama CR, rekan kawanan menguntil minimarket. Meski tak sedikit produk curian juga dijual, dan uangnya dibagi rata.

“Kadang buat dipakai sendiri, ada juga yang dijual buat jajan uangnya,” tambah pemuda berkumis ini sambil menunduk malu.(yud)

Berita Terbaru