Begini Kisah Sukses Warga Solear Budidayakan Jamur Tiram

kabar6.com
Budidaya jamur tiram warga perumahan Taman Adiyasa.(Erika)

Kabar6-Ino Andri Prasetyo, warga Perumahan Taman Adiyasa, Desa Cikasungka, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, terbilang sukses dalam membudidayakan jamur tiram.

Pasalnya, Ino bersama kedua rekannya yang memulai usaha budidaya jamur tiram atau tumbuhan bernama latin Pleurotus Ostreatus sejak empat bulan silam, mampu memproduksi antara 100- 150 Kilogram perbulannya.

“Proses pembibitan ini memakan waktu selama 40 hari mulai dari pengadukan bahan, fermentasi dan pembungkusan bahan, kemudian disusun rapi di rak yang steril serta penyiramannya tiap pagi dan sore hari baru bisa menghasilkan jamur tiram,” ungkap Ino, kepada Kabar6.com, Minggu (8/4/2018).

Menurut Ino, jamur tiram hasil produksinya itu dipasarkan sendiri oleh dirinya ke pasar- pasar tradisonal yang ada di wilayah kota seribu industri ini dengan harga mencapai Rp1500 per Kilo gram (KG).

Saat ini, dia tengah melakukan pengembangan atas usahanya itu dengan menyewa sebuah rumah kosong di kawasan perumahan yang terletak diujung Barat wilayah Kabupaten Tangerang tersebut.**Baca juga: Selain Lezat, Beberapa Jenis Buah Ini Sehatkan Rambut.

“Budidaya jamur tiram ini baru disini saya buat, dan insya Allah saya mau sewa rumah kosong lagi, supaya bisa mempekerjakan orang lain,” katanya.(Erika/Tim K6)