oleh

Begini Kata Istri Rano Soal Bahaya Kanker

Kabar6-Setiap wanita beresiko tinggi terjangkit kanker leher rahim dan kanker payudara selama hidupnya tanpa memandang usia dan gaya hidup.

Demikian disampaikan Dewi Indriati, istri Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten, Rano Karno, dalam rangka mensosialisasikan bahaya kangker terhadap wanita di Banten dalam gerakan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK) yang dipimpin oleh Iriana Jokowi sebagai Ibu Negara.

“Dengan deteksi dini akan semakin cepat diketahui, sehingga dapat dicegah berkembang lebih lanjut,” kata Ketua PKK Provinsi Banten, Dewi Indiarti, Kamis (23/4/2015).

Sedangkan angka kematian yang dilaporkan untuk penderita kanker rahim hanya satu kasus dan kanker payudara empat kasus. Sehingga dibutuhkan penanganan tersendiri untuk mengurangi jumlah penderita tersebut.

“Maka dari itu kepada seluruh wanita disarankan untuk rutin melakukan Skrining dengan cara IVA (Inpeksi Visual Asetat) dan untuk deteksi dini kanker payudara dengan menggunakan metode Clinical Breast Examination (CBE). Ini dilakukan agar penyakit ini dapat terdeteksi sedini mungkin,” terangnya.

Sedianya, istri Bang Doel mengatakan bila gerakan itu merupakan bentuk tanggungjawab bersama dalam menghadapi permasalahan kesehatan di Banten terkait dengan kejadian kanker pada kaum perempuan. **Baca juga: Kurang Personel Dalil “Ompongnya” Satpol PP Tangsel.

Gerakan ini akan terus dilakukan untuk menarik minat kaum perempuan untuk terus memeriksakan kondisi kesehatan reproduksinya dengan pemeriksaan kesehatan yang sederhana.(ymn/din)

Berita Terbaru