oleh

Begini Hubungan Antara Makanan dan Penuaan

Kabar6-Menurut penelitian, makanan yang dikonsumsi sehari-hari bisa jadi membuat tampilan Anda tampak lebih tua, atau bahkan mempercepat proses penuaan. Mengapa begitu?

Makanan yang banyak mengandung lemak trans menyebabkan terjadinya proses inflamasi terus menerus, dan inflamasi kronik merupakan salah satu proses penuaan sel. Apabila Anda memakan terlalu banyak gula dan karbohidrat (pasta, roti, dan makanan yang dipanggang), kebiasaan ini dapat menyebabkan kerusakan lapisan kolagen pada kulit, merupakan salah satu zat yang menjaga kulit tetap elastis dan mencegah kerutan.

Satu lagi agen penyebab inflamasi, AGE (advanced glycation end products) dapat sangat mengganggu kesehatan. AGE sangat berhubungan dengan terjadinya penyakit jantung dan diabetes.

Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber makanan yang baik untuk membantu mencegah proses penuaan. Melansir dokter.id, terdapat beberapa makanan yang sebaiknya Anda konsumsi atau justru malah dikurangi, untuk memperlambat penuaan dini. Apa sajakah itu?

A. Makanan yang sebaiknya dihindari antara lain:

1. Keripik kentang dan kentang goreng
Semua jenis makanan yang digoreng dalam minyak dapat menyebabkan terjadinya proses inflamasi. Hindarilah lemak trans karena dapat meningkatkan kadar LDL (lemak ‘jahat’) dan menurunkan kadar HDL (lemak ‘baik’).

Periksalah komposisi biskuit yang Anda beli, hindari bila terdapat vegetable shortening dan partially hydrogenated oils.

2. Donat dan roti manis
Donat dan roti manis mengandung banyak sekali gula, yang dapat menyebabkan terjadinya inflamasi. Selain itu, donat dan roti manis juga mengandung AGE yang selain mengganggu kesehatan juga dapat mempercepat pembentukan kerutan.

3. Daging
Sosis, smooked beef, salami, dan daging olahan lainnya mengandung banyak lemak jenuh dan nitrat. Keduanya merupakan suatu agen penyebab inflamasi. Hal lain yang perlu dihindari adalah daging berlemak, seperti sirloin. Gantilah sirloin dengan tenderloin atau daging ayam yang mengandung lemak lebih sedikit.

4. Alkohol
Konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan dapat mempercepat proses penuaan. Jumlah alkohol yang kecil adalah satu gelas untuk wanita dan dua gelas untuk pria.

B. Makanan yang sebaiknya dikonsumsi, antara lain:

1. Sayuran
Selada merupakan contoh sayuran yang tinggi vitamin A dan C, yang merupakan suatu agen anti inflamasi. Sayuran lainnya yang juga kaya vitamin adalah brokoli dan bayam. Asparagus dan kubis merah mengandung likopene yang merupakan zat antioksidan yang baik untuk mencegah penuaan.

2. Buah-buahan
Tomat mempunyai kandungan likopen yang tinggi. Buah-buahan seperti semangka, jeruk bali, dan jambu biji juga memiliki kandungn likopene yang tinggi.

3. Salmon dan Tuna
Salmon dan tuna mengandung kadar omega 3 yang baik untuk melawan proses inflamasi. ** Baca juga: Alasan Lebih Sulit Tidur Saat Usia Makin Bertambah

4. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang baik, dengan kandungan serat yang tinggi. Kulit membutuhkan protein untuk mempertahankan kecantikannya. Protein ini dapat diperoleh melalui ikan dan kacang-kacangan.

5. Oatmeal
Oatmeal, roti gandum, pasta yang terbuat dari gandum dapat membantu meredakan proses inflamasi. Selain itu, gandum juga mengandung vitamin B1 dan B2 yang juga baik untuk kulit. Kekurangan vitamin B dapat membuat kulit terlihat kering dan bersisik.

Konsumsi makanan yang tepat bantu Anda memperlambat proses penuaan kulit.(ilj/bbs)

Berita Terbaru