oleh

Begini Efektivitas Pemberantasan Narkoba

Kabar6-Tudingan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) tak serius dalam menanggulangi masalah penyalahgunaan dan peredaran narkoba dibantah.

Dalilnya, karena pemberantasan masalah tersebut membutuhkan kesadaran dan kerjasama seluruh pihak secara komprehensif.

Demikian dikatakan Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan, Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPPKB) Kota Tangsel, Listya Windyanti.

“Kita serius memberantas narkoba,” katanya.

Menurutnya, pelbagai program sudah dilaksanakan untuk menekan peredaran narkoba. Penyuluhan di sekolah-sekolah juga terus dilakukan. Bahkan konseling untuk penderita narkoba juga rutin digelar.

“Kalau masih banyak pengguna narkoba, itu menjadi pekerjaan rumah kita bersama. Bukan hanya domain Pemkot saja,” ungkapnya.

Listya menjelaskan, untuk penanganan narkoba pihaknya bekerjasama dengan berbagai instansi seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pemuda dan Olahraga.

Kerjasama ini bertujuan guna merumuskan bagaimana mengatasi persoalan narkoba.

Ia berharap program yang sudah ada dapat sukses agar pemberantasan narkoba bisa berjalan sukses. “Kita inginnya narkoba di Tangsel setiap tahunnya mengalami penurunan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pencegahan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tangsel, Vinna Tauria, menambahkan, demi mewujudkan daerah bebas narkoba perlu ada sinergitas berbagai dinas dan elemen masyarakat.

Tanpa ada keterlibatan di semua lini rasanya akan sulit narkoba bisa diberantas secara efektif.

Soal disinggung BNN belum dirasakan gerakan. Vinna mengemukakan sejauh ini belum ada anggaran, sehingga belum aksi secara berkelanjutan. **Baca juga: Keseriusan Pemkot Tangsel Berantas Narkoba Dicibir.

“Yang jelas harus ada kepedulian dari SKPD terkait soal penanganan narkoba,” jelasnya.(yud)

 

Berita Terbaru