oleh

Begini Cara Hitung Kalori dalam Pisang Goreng

Kabar6-Salah satu camilan yang paling banyak dipilih untuk ‘teman’ minum kopi atau teh adalah pisang goreng. Meskipun lezat, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi secara berlebihan karena kalori pisang goreng bisa setara sepiring nasi.

Jika dikonsumsi dalam bentuk buah, pisang kaya akan manfaat berkat kandungan potasium, kalsium, zat besi, juga antioksidan. Namun ketika diolah dalam bentuk pisang goreng, bisa jadi kandungan nutrisi ini berkurang akibat proses pengolahan dan kalorinya justru bertambah.

Segala jenis gorengan termasuk pisang goreng, melansir Kompas, sering dituding sebagai sumber kolesterol. Untuk membuat sebuah pisang goreng, ada campuran tepung dan gula yang tidak sedikit. Kemudian, prosesnya juga meliputi menggoreng dalam minyak. Satu buah pisang goreng rata-rata mengandung 3,58 gram lemak termasuk lebih dari 50 miligram kolesterol.

Itu artinya, satu porsi pisang goreng saja sudah menyumbang lima persen konsumsi lemak jenuh dalam tubuh. Padahal dalam sehari, tubuh dibatasi mengonsumsi tidak lebih dari tujuh persen kebutuhan dalam sehari.

Sementara pisang goreng mencapai 140 kalori atau setara sepiring nasi. Namun bukan berarti kandungan gizinya tidak ada. Berbeda jenis pisang dan pengolahannya, maka berbeda pula kandungan gizi di dalamnya. Apa saja kandungan gizi pisang goreng?

1. Protein: 1,4 gram
2. Karbohidrat: 23,1 gram
3. Kalsium: 7,2 mg
4. Zat besi: 0,03 mg

Pisang goreng yang diolah dalam minyak dan dipanaskan berkali-kali dengan suhu tinggi menghasilkan lebih banyak asam lemak trans, senyawa polimer, dan juga asam lemak bebas.

Konsekuensinya bagi tubuh adalah rentan terjadi penyakit seperti jantung koroner, stroke, batu empedu, dan banyak lagi. ** Baca juga: Penelitian: Nonton Film Romantis Bareng Suami Bisa Hindari Perceraian

Alternatif dari olahan pisang jika tidak ingin menambah berat badan bisa dengan mengukusnya. Selain tidak menambah kadar lemak tak jenuh, mengukus juga tidak menghilangkan terlalu banyak kandungan nutrisi dari pisang.(ilj/bbs)

Berita Terbaru