oleh

Begini Cara Bermain Semai Versi TBM Kolong Ciputat

Kabar6-Permainan Sembilan nilai moral (semai) mengajarkan kepada anak untuk berprilaku anti korupsi sejak dini. Permainan semai di mainkan dua orang atau kelompok yang dipandu fasilitator.

“Puluhan anak yang berasal dari masyarakat sekitar terlibat dalam permainan semai di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kolong flyover Ciputat. Dan semua riang gembira karenanya,” kata pengurus TBM Kolong Nia Margaretta, Sabtu (9/3/2019).

Menurut Nia, permainan semai terdiri dari papan permainan, kartu putih berisi sebuah situasi dan kartu merah berisikan satu pertanyaan.

Dan letakkan tumpukan kartu putih dan kartu merah di tempatnya masing-masing ditengah papan permainan dengan posisi logo Semai diatas. Jelaskan aturan dan tatacara permainan kepada para peserta dan pastikan semua memahaminya.

Di tiap sisi papan permainan terdapat Sembilan kotak bergambar yang bertuliskan nilai-nilai kesederhanaan, kegigihan, keberanian, kerjasama, kedisiplinan, keadilan, kejujuran, bertanggung jawab serta kepedulian.

“Games ini dimainkan oleh dua orang atau kelompok dengan anggota tak terbatas dan dipandu seorang fasilitator,” terang Nia.

Setelah menentukan siapa yang akan memulai permainan dengan cara yang sudah disepakati, pemain yang mendapat giliran pertama harus mengambil satu kartu putih, membaca dengan seksama situasi yang digambarkan disitu.

Lalu menentukan apakah situasi yang terjadi disitu termasuk kelompok kesederhanaan, kegigihan, keberanian, kerjasama, kedisiplinan, keadilan, kejujuran, bertanggung jawab serta kepedulian. Lalu letakkan kartu putih tersebut disalah satu kotak pada papan permainan sesuai kelompoknya.

Setelah itu, para pemain lain harus memberikan penilaian apakah peletakan kartu putih dalam kelompok yang sudah benar atau tidak.

“Nah disitulah ranah fasilitator yang memfasilitasi diskusi. Bila tidak, mengapa? Dan apa jawaban yang benar serta mengapa?,” beber Nia terkait permainan semai yang membuat suasana menjadi riang gembira.

Bila jawabannya tidak, maka pemain harus mengambil kartu merah dan menjawab pertanyaan yang tertera disitu sebagai hukuman.

Dalam hal itu, fasilitator harus memahami pertanyaan dengan baik dan mampu menjelaskan kepada para perserta dengan bahasa yang mudah dimengerti.

**Baca juga: Berlangsung Seru di TBM Kolong Ciputat, Permainan Semai Ajarkan Anak Sembilan Nilai Moral.

“Fasilitator harus memastikan peserta memahami pertanyaan dan memberikan penjelasan lengkap untuk setiap jawaban yang diberikan pemain dengan merujuk pada kunci jawaban,” tuturnya.

Nia bilang, pemenang dari permainan ini adalah yang terbanyak meletakkan kartu putih di kelompok yang benar dan paling sedikit mengambil kartu merah. (fit)

Berita Terbaru