Home / Tangerang Raya / Serba Tangerang / Begini Cara Bentuk Anak Disabilitas Dapat Percaya Diri
Kampanye Ayo Bermain.(res)

Begini Cara Bentuk Anak Disabilitas Dapat Percaya Diri

Kabar6-Sejak enam tahun silam IKEA Foundation telah bekerjasama dengan Yayasan Sayangi Tunas Cilik mitra Save the Children (YSTC) dalam mewujudkan program pemenuhan hak-hak anak khususnya anak dengan disabilitas.

“Dengan bermain bersama semua anak, anak dengan disabilitas dapat mengembangkan rasa percaya diri dan toleransi yang tinggi,” ujar Tata Sudrajat mewakili Yayasan Sayangi Tunas Cilik mitra Save the Children.

Menurutnya, sangatlah penting bagi orangtua, khususnya Ayah, untuk melibatkan diri dalam bermain dengan anaknya, sebab keterlibatan Ayah dapat mendorong keterampilan motorik, kepemimpinan, serta pengembangan kognitif dan kemampuan mengendalikan emosi secara lebih baik.

Dari tahun 2015-2018, sebanyak 2.101 anak dengan disabilitas dapat menunjukan perkembangan secara positif dalam pengembangan kognitif, sosial maupun emosional.

“Anak-anak yang tumbuh dan bermain bersama seorang Ayah cenderung kuat dalam area non-verbal dan memiliki nalar spesial yang lebih baik, seperti dalam bidang matematika, ilmu pasti dan teknik,” ujarnya.**Baca Juga: Ada Korban Isu Penculikan Anak, Begini Kata Kapolres Pandeglang.

Hal ini karena seorang Ayah lebih banyak berinteraksi baik dalam kegiatan fisik dan beraktivitas di luar, serta bermain dengan permainan yang melibatkan obyek seperti balok-balok mainan.(res)

Check Also

kabar6.com

H Agus Pramono: Pemuda Indonesia Harus Bangkit

Kabar6-Bangkit dan semangatlah wahai pemuda dalam menjaga ibu pertiwi dan selalu tingkatkan iman dan taqwa ...